Literasi Statistis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Model AKM Konten Data dan Ketidakpastian
Statistical Literacy of High School Students in Solving AKM Model Problems on Data Content and Uncertainty
Penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan data empiris-ilmiah terkait literasi statistis siswa SMA dalam memecahkan masalah model AKM konten data dan ketidakpastian Literasi statistis merupakan kemampuan dalam menyelesaikan masalah statistika yang mencakup understanding statistical data, presenting statistical data, presenting the result of statistical data processing dari hasil soal model tertulis. Adapun subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga siswa perempuan dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data melalui Tes Kemampuan Matematika (TKM), Tes Pemecahan Masalah (TPM) model AKM konten data dan ketidakpastian, wawancara. Validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode. Analisis data melalui tahap yaitu: kategorisasi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi memahami karakteristik data statistika yang disajikan dan data yang ditanyakan dengan baik, berkomunikasi terkait data yang disajikan, data yang ditanyakan dan data yang akan dikerjakan, menentukan jawaban dan memberikan argument dari setiap data yang disajikan untuk menjawab pertanyaan atau kebenaran sebuah pernyataan, menghubungkan dan mengevaluasi kebenaran sebuah pernyataan dan menjawab pertanyaan terkait data yang disajikan. Siswa berkemampuan matematika sedang menunjukkan dapat memahami dan menganalisis data dengan bantuan teman sebayanya, jadi siswa berkemampuan matematika sedang mendeskripsikan data yang disajikan seta menentukan jawaban dari setiap pernyataan ataupun pertanyaan terkait data yang disajikan tanpa tahu argument konsep statistika dari setiap pengerjaan yang dilakukan. Siswa berkemampuan matematika rendah mengalami kesulitan dalam memahami data maupun mempresentasikan data statistika serta tidak dapat memberikan argument terkait data statistika.
Simpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator literasi statistis. Siswa berkemampuan matematika sedang hanya dapat menentukan jawaban dengan berdiskusi dengan teman sebayanya dan tidak dapat memberikan argument terkait konsep statistika yang cocok dalam menentukan jawaban. Siswa berkemampuan matematika rendah tidak dapat memahami karakteristik data statistika yang disajikan. Saran dari penelitian ini untuk peneliti lain yang ingin melakukan penelitian terkait literasi statistis, akan lebih baik jika soal yang diberikan ke siswa bentuk pilihan ganda dengan argument, bukan soal uraian yang menjadikan lembaran soal cukup banyak.
This exploratory research with a qualitative descriptive approach aims to describe empirical-scientific data related to the statistical literacy of high school students in solving AKM model problems on data content and uncertainty Statistical literacy is the ability to solve statistical problems that include understanding statistical data, presenting statistical data, presenting the result of statistical data processing from the results of written model problems. The subjects in this study consisted of three female students with high, medium, and low mathematical abilities. Data collection through Mathematics Ability Test (TKM), Problem Solving Test (TPM) AKM model of data content and uncertainty, interviews. Data validity was carried out using method triangulation. Data analysis through stages, namely: data categorization, data reduction, data presentation and conclusion drawing/verification.
The results showed that high mathematics ability students understood the characteristics of the statistical data presented and the data asked well, communicated related to the data presented, the data asked and the data to be worked on, determined the answer and provided an argument from each data presented to answer questions or the truth of a statement, connected and evaluated the truth of a statement and answered questions related to the data presented. Students with moderate mathematics ability show that they can understand and analyze data with the help of their peers, so students with moderate mathematics ability describe the data presented as well as determine the answer to each statement or question related to the data presented without knowing the argument of statistical concepts from each work done. Students with low mathematics ability had difficulty in understanding data and presenting statistical data and could not provide arguments related to statistical data.
The conclusion of the research shows that high mathematics ability students fulfill all indicators of statistical literacy. Students with medium mathematics ability can only determine the answer by discussing with their peers and cannot provide arguments related to statistical concepts that are suitable in determining the answer. Low math ability students cannot understand the characteristics of the statistical data presented. Suggestions from this study for other researchers who want to conduct research related to statistical literacy, it would be better if the questions given to students are multiple choice forms with arguments, not description questions which make the problem sheets quite a lot.