PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
The Role Of The Principal In The Implementation Of School Based Management
Kepala Sekolah merupakan salah satu unsur penting dalam dunia pendidikan serta menjadi pemimpin pada tiap satuan pendidikan. Peran dari seorang kepala sekolah sangat dibutuhkan untuk bisa mengoptimalkan implementasi manajemen berbasis sekolah. Manajemen berbasis sekolah merupakan dampak desentralisasi yang muncul pada era reformasi. Sistem manajemen berbasis sekolah membebankan otonomi kepada setiap satuan pendidikan untuk mengelola semua sumber daya yang ada. Otonomi tersebut merupakan tanggung jawab kepala sekolah untuk membawa sekolah yang dipimpin menjadi lebih maju. Tujuan artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Metode yang digunakan adalah studi literatur yakni sebuah penelitian kepustakaan melalui beberapa jurnal dan referensi. Dari hasil telaah jurnal tersebut ditemukan bahwa Kepala Sekolah dalam menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah perlu dibekali kemampuan berkomunikasi dalam berperan sebagai fasilitator dan climator. Kepala sekolah juga perlu merumuskan strategi yang tepat dalam implementasi manajemen berbasis sekolah melalui analisis kebutuhan dengan melibatkan seluruh warga sekolah. Pengambilan keputusan yang dilakukan dengan partisipatif yakni melibatkan seluruh warga sekolah.
The principal is one of the important elements in the world of education and is a leader in each educational unit. The role of a school principal is needed to optimize the implementation of school based management. School based management is the impact of decentralization that emerged in the reform era. The school based management system imposes autonomy on each educational unit to manage all available resources. This autonomy is the responsibility of the principal to bring the school he leads to become more advanced. The purpose of this scientific article is to find out and analyze the role of the Principal in the Implementation of School Based Management. The method used is a literature study, namely a library research through several journals and references. From the results of the study of the journal, it was found that the Principal in implementing School Based Management needs to be equipped with communication skills in acting as a facilitator and climatologist. Principals also need to formulate appropriate strategies in implementing school-based management through needs analysis by involving all school members. Decision making is carried out in a participatory manner, involving all school members.