MEDIA INTERAKTIF AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA
Tujuan penelitian adalah menghasilkan media interaktif augmented reality untuk
melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA yang layak secara konseptual. Jenis
penelitian adalah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation, Evaluation) dengan modifikasi. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket untuk 3 orang pakar pembelajaran fisika sebagai validator dan 34
orang teman sejawat (calon guru fisika). Pengukuran validasi dan pandangan teman
sejawat menggunakan skala Likert (1=sangat kurang, 2=kurang, 3=baik, 4=sangat
baik). Penggunaan media interaktif augmented reality dinyatakan layak secara konseptual
jika persentase kelayakan dari validator dan teman sejawat ≥ 61%. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa para pakar menyatakan layak (persentase kelayakan aspek teknis
86%, aspek media 83%, aspek pembelajaran 86%), didukung teman sejawat yang
memandang juga layak (persentase kelayakan aspek teknis 88%, aspek media 86%, aspek
pembelajaran 86%). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan media interaktif
augmented reality layak secara konseptual digunakan untuk melatihkan keterampilan
proses sains siswa SMA dalam pembelajaran fisika. Oleh karena itu, penelitian ini
mengandung implikasi bahwa penggunaan media pembelajaran memiliki peran yang
sangat penting dalam dunia pendidikan. Melalui media yang tepat dapat berpengaruh
terhadap keterampilan proses sains siswa itu sendiri selain itu media augmented reality ini
dapat diterapkan lebih lanjut dalam pembelajaran materi fisika yang lain untuk
melatihkan keterampilan proses sains.
Kata Kunci: Augmented Reality, keterampilan proses sains, pembelajaran fisika
The aim of the research is to produce interactive augmented reality media to practice the
conceptually worthy high school student science process skills. This type of research is
the development of model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation,
Evaluation) with modifications. The data collection techniques use polls for 3 physical
learning experts as a validator and 34 associates (prospective physics teachers).
Validation and peer view measurement using Likert scale (1 = very less, 2 = less, 3 =
Good, 4 = very good). The use of Augmented reality interactive media is declared
conceptually feasible if the eligibility percentage of the validator and Associates is ≥
61%. The results showed that the experts expressed decent (percentage of feasibility of
technical aspects of 86%, media aspects of 83%, aspects of learning 86%), supported
associates who looked well worthy (percentage of feasibility of technical aspects of 88%,
media aspects of 86%, learning aspects of 86%). The results concluded that the use of
augmented reality interactive media was conceptually used to practice the science process
skills of high school students in physics learning. Therefore, this study contains
implications that the use of media learning has a very important role in the world of
education. Through the right media can influence the students ' science process skills in
addition to this augmented reality media can be applied further in learning other physics
material to practice science process skills.
Keywords: Augmented Reality, science process skills, physics learning