Penerapan Gaya Papercut Out Design Pada Pembelajaran Di Sanggar Ceria Studio Surabaya
Perkembangan desain grafis melahirkan banyak sekali jenis gaya membuat siapa saja yang mempelajari desain grafis menjadi bingung mengenal dan mempelajari gaya yang seperti apa. Mengambil gaya papercut out design sebagai objek penelitian, peneliti menerapkan gaya ini pada pembelajaran di Sanggar Ceria Studio Surabaya. Papercut out design sendiri adalah gaya atau style dalam desin grafis, menjadikan seni memotong kertas asal China sebagai inspirasi dan diterapkan dalam format digital. Penelitian ini nantinya akan menjelaskan bagaimana proses pembelajaran gaya papercut out design dan memaparkan hasil dari penerapan gaya tersebut.
Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatakan tindakan atau action riset dipilih sebagai metode dalam penelitian ini. Mengambil tema “Menjaga Alam Untuk Lindungi Masa Depan” sebagai batasan masalah, hasil penerapan gaya papercut out design pada pembelajaran di Sanggar Ceria Studio Surabaya berjumlah 4 karya dari 4 orang peserta, dengan ukuran A3 29,7x42 cm.
Dari hasil evaluasi, 4 karya peserta didik mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan 4 karya peserta didik sebelum penelitian. Peningkatan tersebut antara lain adalah warna, layout, dan kreativitas. Diketahui nilai rat-rata keselurah peserta mendapatkan skor 8,2 yang menjadi tolok ukur bahwa penelitian ini berhasil. Dengan demikian maka perlu adanya pengembangan hal baru untuk memperkaya teknik dan gaya pembuatan karya siswa dalam pembelajaran desain grafis di Sanggar Ceria Studio Surabaya.
Kata Kunci: Desain Grafis, Papercut Out, Sanggar Ceria
The development of graphic design gave birth to many types of styles, making anyone who studies graphic design confused about what style to recognize and learn. Taking the papercut out design style as the object of research, the researcher applied this style to learning at Ceria Studio Surabaya. Papercut out design itself is a style in graphic design, using the Chinese art of paper cutting as inspiration and applied in digital format. This research will explain how the learning process of papercut out design style and explain the results of the application of the style.
Using a descriptive qualitative research method with an action research approach was chosen as the method in this research. Taking the theme "Preserving Nature to Protect the Future" as the problem limitation, the results of the application of the papercut out design style in learning at Ceria Studio Surabaya amounted to 4 works from 4 participants, with an A3 size of 29.7x42 cm.
From the evaluation results, 4 students' works experienced a significant improvement compared to 4 students' works before the research. These improvements include color, layout, and creativity. It is known that the average score of all participants gets a score of 8.2 which is a benchmark that this research is successful. Thus, it is necessary to develop new things to enrich the techniques and styles of making student works in learning graphic design at Ceria Studio Surabaya.
Keywords: Graphic Design, Papercut Out, Ceria Studio