Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Jurnal Penyesuaian Jasa
Development of Animation Video-Based Learning Media in Service Adjustment Journal Materials
Kurangnya dalam memahami materi jurnal penyesuaian perusahaan jasa, terlebih lagi dengan penerapan pembelajaran secara daring yang mengharuskan peserta didik dan pendidik memiliki koneksi internet yang stabil, jika tidak maka materi yang disampaikan oleh pendidik akan terpotong. Begitu pula dengan adanya pemadatan jam pelajaran membuat peserta didik tidak dapat berlatih jurnal penyesuaian perusahaan jasa dengan leluasa, padahal karakteristik materi itu sendiri tidak hanya membutuhkan penjelasan dan berlatih sekali namun berulang kali. Berdasarkan dari masalah tersebut, diperlukan suatu pengembangan video pembelajaran berbasis animasi yang bisa diputar secara berulang kali oleh peserta didik. Video pembelajaran yang dikembangkan berisi materi dengan animasi dan efek agar membantu peserta didik lebih mudah dalam memahami materi. Penelitian ini memiliki maksud menggambarkan peningkatan media pembelajaran yang menggunakan video animasi pada materi jurnal penyesuaian. Penelitian yang dilakukan mengembangkan inovasi metode Research and Development (R&D). Hasil post test menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan klasikal sebesar 81,48% dapat diartikan bahwa telah mencapai ketuntasan secara klasikal. Dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai 5,124 > signifikansi yaitu 1,706 artinya terjadi peningkatan pada hasil belajar peserta didik. Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa materi penyesuaian jurnal yang dibantu dengan video animasi menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa yang mana dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Lack of understanding of the service company's adjustment journal materials, especially with the application of online learning that requires students and educators to have a stable internet connection, otherwise the material delivered by educators will be cut off. Similarly, the compaction of lesson hours makes students unable to practice the service company's adjustment journal freely, whereas the characteristics of the material itself not only require explanation and practice once but repeatedly. Based on these problems, it is necessary to develop an animation-based learning video that can be played repeatedly by students. The learning videos developed contain materials with animations and effects to help students understand the material more easily. This study has the intention of describing the improvement of learning media that uses animated videos in adjustment journal materials. Research conducted to develop innovations in Research and Development (R&D) methods. Post test results show that the classical completion rate of 81.48% can be interpreted as having achieved classical completion. From the results of the hypothesis test obtained a value of 5,124 > significance of 1,706 means there was an increase in the learning outcomes of learners. Some studies have shown that journal adjustment materials assisted by animated videos show improvements in student learning outcomes which can be used in the learning process.