Pengembangan Latihan Soal Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Kelas XI SMA Semester II di Media Blooket
Development Of German Reading Skills Exercises For Grade XI High School Students in Second Semester Using Blooket
Blooket merupakan sebuah platform pembelajaran interaktif berbasis website berbentuk game-kuis yang dapat berfungsi sebagai media pembelajaran. Latar belakang dari penelitian ini adalah pembuatan latihan soal yang dapat mempermudah para siswa, terutama kelas XI Semester II agar dapat mengakses latihan soal bertemakan Tägliche Aktivitäten sesuai GER dengan mudah. Selain itu, latihan soal yang dikembangkan di Blooket ini merupakan suatu keterbaruan yang dapat membantu kegiatan belajar mengajar, terutama ketika akan menghadapi ujian bahasa Jerman keterampilan membaca sesuai standar GER (Kerangka Acuan Bersama Negara Eropa). Penelitian ini memiliki rumusan masalah tentang bagaimana proses pengembangan latihan soal keterampilan membaca pemahaman bahasa Jerman kelas XI SMA semester II di media blooket, dan bagaimana hasil kelayakan dari validasi materi dan validasi medianya. Sedangkan tujuannya yaitu untuk mengetahui proses pengembangan latihan soal untuk keterampilan membaca pemahaman bahasa Jerman untuk kelas XI pada semester II di media Blooket serta mengetahui hasil kelayakan dari validasi materi dan validasi media yang digunakan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Borg and Gall (dalam Sugiyono, 2012) yang terdiri dari empat tahap (Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk dan Validasi Ahli). Untuk validasi soal mendapatkan persentase sebesar 81,04%, yang dapat dikatakan bahwa latihan soal ini sangat layak digunakan untuk melatih keterampilan siswa membaca pemahaman dengan kategori type soal HOTS sesuai GER. Sedangkan untuk angket validasi media diperoleh hasil presentase sebesar 76,78%, yang dapat dikatakan bahwa media Blooket layak digunakan untuk media pembelajaran.
Blooket is an interactive learning platform in the form of a game-quiz website that serve as a media for learning. the background of this research is the creation of exercise question that can facilitate student, especially 11th-Grade students in the second semester, to access easily exercise questions with the Theme "Tägliche Aktivitäten" according to the Common European Framework of Reference for Languages (GER). In addition, the exercise questions developed on Blooket represent an innovation that can aid in the teaching and learning process, particularly when preparing for the German language reading skills exam according to the GER standards. This research has problem formulations on how the process of developing reading comprehension exercise questions for German language skills in 11th-grade students of high school in the second semester using the Blooket platform, and how to assess the validity of the material and the platform. The objectives are to understand the process of developing exercise questions for German language reading comprehension skills in the 11th-grade students of high school in the second semester using the Blooket platform, and to assess the validity of the material and the platform used. The research model used in this study is Research and Development (R&D) according to Borg and Gall (in Sugiyono, 2012), which consists of four stages (Potential and Problems, Data Collection, Product Design, and Expert Validation). The exercise questions obtained a validation percentage of 81.04%, indicating that these exercise questions are highly suitable for training students' reading comprehension skills with a Higher Order Thinking Skills (HOTS) level, according to GER categories. As for the media validation questionnaire, a percentage of 76.78% was obtained, indicating that the Blooket platform is suitable for learning media.