ABSTRAK
Ramadhana, Ariyan Eka. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Autoplay Media Studio Pada
Mata Pelajaran” Seni Budaya Materi Ragam Hias Di SMA.Program Studi
Pendidikan Seni Budaya. Program Pascasarjana.
Universitas
Negeri Surabaya. Pembimbing I: Supranoto, Haris dan
(II)
Lodra, I Nyoman.
Kata Kunci : Teknologi, Media, Ragam Hias
Perkembangan teknologi yang sangat cepat
di era seperti ini berdampak besar pada keberlangsungan hidup seluruh manusia
di muka bumi. Serta memberikan
pengalaman secara lebih kepada siswa untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang
yang lebih tinggi dan untuk pengembangan diri seiring dengan perkembangan ilmu
dan teknologi, juga memberikan kemampuan kepada peserta didik untuk menjadi
anggota masyarakat agar bisa memberikan hubungan timbal balik dengan lingkungan
sosial, budaya dan alam sekitarnya. Setiap proses perkembangan dan perubahan
kehidupan yang dicapai seorang manusia merupakan hasil dari proses belajar yang
dilaluianya.
Dalam penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah
penelitian pengembangan model Four-D.
Hal ini dikarenakan menurut peneliti model ini tepat digunakan sebagai dasar
untuk mengembangkan perangkat pembelajaran karena tahapan- tahapannya lebih
lengkap dan sistematis, serta dalam pengembangan nantinya akan melibatkan
penilaian dari ahli, sehingga sebelum diujikan ke lapangan media pembelajaran
akan mendapatkan revisi berdasarkan penilaian dari beberapa ahli, serta
mendapatkan saran dan masukan dari mereka. Model pengembangan Four-D ini
terdiri dari 4 tahapan pengembangan yaitu, Define,
Design, Develop dan Dessminate atau
yang jika diadaptasikan menjadi model 4-P yaitu pendefinisian, perancangan,
pengembangan dan penyebaran.
Penelitian
pengembangan ini proses pengembangan
Media pembelajaran interaktif autoplay media studio menggunakan model 4D. Tahap
Pendefinisian meliputi analisis fenomena tentang minimnya pengetahuan siswa
terkait batik Nusantara dan keterampilan siswa dalam membuat motif batik, sehingga
munculah gagasan untuk membantu siswa dalam mengembangkan motif ragam hias
desain batik Nusantara. Tahap Perancangan meliputi pemilihan media aplikasi dan
format yang akan ditampilkan pada sofware serta rancangan awal Media
pembelajaran interaktif autoplay media studio. Tahap Pengembangan meliputi
validasi, revisi. Dan uji coba produk sehingga menjadi produk