Penelitian ini memiliki tujuan melatihkan keterampilan proses sains menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMAN 2 Kota Mojokerto sebanyak 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitaif dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga sebesar 85,85%, 87,74%, dan 90,86%. (2) aktivitas peserta didik yang termasuk dalam keterampilan proses sains yang diamati yaitu merumuskan masalah dan hipotesa, menuliskan variabel, melakukan percobaan/ pengamatan, menuliskan data percobaan, menganalisa data, dan menarik kesimpulan. Aktivitas peserta didik yang relevan lebih tinggi daripada aktivitas yang tidak relevan. (3) Hasil belajar keterampilan proses sains peserta didik terjadi peningkatan dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil belajar ranah pengetahuan tuntas secara klasikal sebesar 88,89%. (4) Respon peserta didik terhadap pembelajaran sebesar 89,94%. Sesuai dengan hasil dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT bisa digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto.
This study aims to practice science process skills through of cooperative learning model type Numbered Heads Together (NHT). The subjects of this research was 36 students of class XI MIPA 3 SMAN 2 Kota Mojokerto. This type of research is quantitative descriptive with the research design One Group Pretest Posttest Design. The results showed that (1) The implementation of the cooperative learning model type NHT at the first, second, and third meeting was 85,85%, 87,74%, 90,86% (2) The activities of students included in science process skills observed include formulating problems, formulating hypothesis, writing variables, conducting experiments / observations, writing experimental data, analyzing data, and making conclusions and relevant student activities are higher than irrelevant activities. (3) The results of learning science process skills of students have increased with a very good category, while the knowledge learning outcomes have classical completeness of 88.89%. (4) The response of students to learning is 89.94. It can be conclided that the cooperative learning model type NHT can be used to train science process skills of students of class XI MIPA 3 SMAN 2 Kota Mojokerto.