Penggunaan Media Pembelajaran Simulasi Pada Materi Mitigasi Bencana Alam Pada Kelas XI IPS
Pelaksanaan pembelajaran geografi di kelas seringkali mengalami hambatan dikarenakan kurangnya minat siswa dalam memahami materi yang berakibat pada hasil belajar. Diperlukan media pembelajaran yang menarik minat siswa dalam mempelajari mitigasi bencana alam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Kelayakan media simulasi erosi tanah 2) Respon siswa terhadap media pembelajaran simulasi erosi tanah pada materi mitigasi bencana alam Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yang digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi yang bersumber dari perpustakaan seperti buku, koran, jurnal, maupun dokumen-dokumen lainnya tentang media pembelajaran simulasi. Penelitian ini melalui tahapan pengumpulan dan analisis jurnal terkait yang diperoleh dari penelusuran web google scholar dan sciancedirect. Hasil berbagai literatur ini akan digunakan untuk analisis penggunaan media pembelajaran simulasi dengan subjek mitigasi erosi pada siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media Simulasi Erosi tanah yang telah dikembangkan mendapat penilaian kelayakan oleh ahli media pembelajaran dengan rata-rata nilai 85% dan dari ahli materi 81,7%, maka skor rata-rata yang diperoleh dari kedua validator sebesar 83,35% dikategorikan “sangat layak”. 2) Respon siswa terhadap media Simulasi Erosi tanah memperoleh nilai rata-rata 83% termasuk dalam kategori “sangat layak”. Kata Kunci: Media pembelajaran simulasi, kelayakan media, respon siswa, hasil belajar
The implementation of geography learning in the classroom often experiences obstacles due to the lack of student interest in understanding the material which results in learning outcomes. Learning media is needed that attracts students' interest in studying natural disaster mitigation. This study aims to describe 1) the feasibility of soil erosion simulation media 2) Student responses to soil erosion simulation learning media on natural disaster mitigation materials This study uses library research which is used to collect data and information sourced from libraries such as books, newspapers, journals, and other documents about simulation learning media. This research went through the stages of collecting and analyzing related journals obtained from web searches of Google Scholar and ScienceDirect. The results of this literature will be used to analyze the use of simulation learning media with the subject of erosion mitigation in class XI students. The results showed that 1) the soil erosion simulation media that had been developed received a feasibility assessment by learning media experts with an average value of 85% and from material experts 81.7%, then the average score obtained from the two validators was 83.35 % categorized as “very decent”. 2) Students' responses to the Soil Erosion Simulation media obtained an average score of 83% which was included in the "very feasible" category. Keywords: Simulation learning media, media feasibility, students' responses, learning outcomes