Hasil belajar siswa dapat berkembang dengan adanya peranan aktif dari guru maupun siswa. Hasil belajar dapat menunjukkan kualitas pembelajaran yang telah dilakukan. Untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan, perlu adanya peranan aktif guru untuk menciptakan pembelajaran yang mampu membuat siswa menyerap dengan maksimal pembelajaran yang sedang dipelajari, dengan cara menumbuhkan motivasi belajar siswa, melakukan inovasi dan menciptakan lingkungan belajar yang ramah terhadap siswa. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di kelas IV SDN Jatirenggo I Glagah Lamongan, guru masih kurang variatif dalam menggunakan media dan siswa kurang percaya diri serta kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan media Pop Up Book untuk meningkatkan rasa percaya diri dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, meningkatkan aktivitas guru, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Selain hasil belajar, peneliti mencari aspek yang ada dalam Pop Up Book manakah yang signifikan menarik perhatian siswa sehingga hasil belajardapat ditingkatkan dengan tujuan agar dapat menjadi referensi bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitiandengan media yang sama.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tinadakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian merupakan siswa kelas IV SDN Jatirenggo Iglagah Lamongan yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan lembar tes dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan presentase siklus I71,66%, dan siklus II 85,83%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan presentase siklus I 71,87%, dan siklus II 82,29%. Sedangkan data hasil belajar klasikal selama proses pembelajaran dari temuan awal mengalami peningkatan dari siklus I65,62%, dan siklus II 81,25%. Hasil angket siswa menunjukkan bahwa, urutan aspek yang paling signifikan mempengaruhi ketertarikan siswa terhadap media Pop Up Book adalah: 1. Aspek munculnya gambar, 2. Aspek berdimensi, 3. Aspek desain, 4. Aspek warna dan 5. Aspek tulisan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Pop Up Book materi kondisi lingkungan dan mata pencaharian penduduk di suatu daerah mampu meningkatkan keaktifan guru, keaktifan siswa dan hasil belajar klasikal siswa kelas IV SDN Jatirenggo I Glagah Lamongan.
Kata Kunci: hasil belajar, media Pop Up Book, IPS
Student learning outcomes can develop with the active role of teachers and students. Learning outcomes can show the quality of learning that has been done. To get satisfying learning outcomes, there needs to be an active role of the teacher to create learning environment that is able to make students absorb the maximum learning that is being studied, by growing student motivation, innovating and creating a learning environment that is friendly to students. Based on observations made in the fourth grade of SDN Jatirenggo I GlagahLamongan, teachers are still less varied in using the media and students are less confident and less active in the learning process. Therefore, researcher uses the Pop Up Book media to increase self-confidence and activeness of students in learning, increase teacher activity, and improve student learning outcomes.
This study uses the first class research method (CAR) which consists of two cycles. The research subjects were fourth grade students of SDN Jatirenggo IglagahLamongan consisting of 32 students. The technique of collecting data uses observation sheets for teacher activities, student activities, and test sheets. The data analysis technique performed was descriptive qualitative and quantitative descriptive. In addition to learning outcomes, researchers look for aspects that are in the Pop Up Book which significantly attract student’s attention so that learning outcomes can be improved in order to be able to combine references for other researchers who do the research with the same media.
The results showed that teacher activity experienced an increase in the percentage of cycle I 71.66%, and cycle II 85.83%. Student activity has increased with the percentage of cycle I 71.87%, and cycle II 82.29%. While the classical learning outcome data during the learning process from the initial findings increased from the first cycle to 65.62%, and the second cycle to 81.25%.Student questionnaire results indicate that the most significant sequence of aspects affecting student’s interest in the Pop Up Book media is:1. Aspects of the apperance, 2. Dimensionless aspects, 3. Aspects of design, 4. Aspects of color, 5. Aspects of writing. Based on the results of these studies, it can be concluded that the use of Pop Up Book media material environmental conditions and livelihoods of people in an area can increase teacher activity, student activity and classical learning outcomes of fourth grade students of SDN Jatirenggo I GlagahLamongan.
Keywords: learning outcomes, Pop Up Book media, Social Studies