PENGUATAN LIMA NILAI UTAMA KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO
STRENGTHENING THE FIVE MAIN VALUES OF CHARACTER THROUGH SCHOOL CULTURE AT MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO
Penguatan nilai karakter merupakan suatu upaya yang penting untuk dilakukan kepada generasi muda khususnya di kalangan pelajar, hal ini dikarenakan nilai menjadi landasan yang mempengaruhi dan mengatur seseorang dalam berperilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan lima nilai utama karakter melalui budaya sekolah di MAN Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan teori kognitif sosial dari Albert Bandura. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan lima nilai utama karakter (religius, mandiri, nasionalis, integritas, dan gotong royong) di MAN Sidoarjo ini dilakukan melalui integrasi dalam program sekolah, keteladanan, serta pengembangan diri melalui ekstrakulikuler. Integrasi dalam program sekolah yang menunjang penguatan nilai karakter religius dilaksanakan melalui menghafal Al-Quran dalam kelas unggulan tahfidz Quran dan BTQ (Bimbingan Tahfidzul Quran), sedangkan program yang menunjang penguatan nilai karakter mandiri dilakukan melalui pemenuhan kebutuhan diri dalam program boarding school, dan penguatan nilai karakter gotong royong dilaksanakan melalui kerja sama dalam menjaga kebersihan sekolah dalam program 9K. Adapun kegiatan keteladanan dalam penguatan nilai karakter integritas meliputi keteladanan tenaga pendidik dalam menaati tata tertib sekolah. Selain itu pengembangan diri melalui ekstrakulikuler mansda riset dan gerakan literasi madrasah dilakukan sebagai bentuk penguatan nilai karakter nasionalis. Penguatan nilai karakter yang di lakukan oleh MAN Sidoarjo melalui budaya sekolah ini sebagai upaya sekolah dalam memperkuat karakter dan membentengi diri para peserta didik untuk meminimalisir terjadinya dekandansi moral dengan berbekal nilai karakter dan ilmu agama yang kuat di era disrupsi globalisasi.
Kata kunci: penguatan, nilai, karakter, dan budaya sekolah.
Strengthening character values is an important effort to be made to the younger generation, especially among students, this is because values are the foundation that influences and regulates a person's behavior. This study aims to describe the strengthening of five main character values through school culture at MAN Sidoarjo. This study uses the social cognitive theory of Albert Bandura. This research method uses a qualitative approach with the type of case study research. The results of this study indicate that the strengthening of the five main character values (religious, independent, nationalist, integrity, and mutual cooperation) at MAN Sidoarjo is carried out through integration in school programs, exemplary, and self-development through extracurricular activities. Integration in school programs that support the strengthening of religious character values is carried out through memorizing the Koran in the superior class of Tahfidz Quran and BTQ (Tahfidzul Quran Guidance), while programs that support strengthening the value of independent character are carried out through self-fulfillment in the boarding school program, and strengthening the value of the character of gotong royong is implemented through a clean culture of maintaining school cleanliness in the 9K program. The exemplary activities in strengthening the character values of integrity include the example of educators in obeying school rules and regulations. In addition, self-development through the extracurricular activities of the research mansda and the madrasah literacy movement were carried out as a form of strengthening the values of nationalist character. The strengthening of character values is carried out by MAN Sidoarjo through this school culture as the school's effort to strengthen the character and fortify the students themselves to minimize the occurrence of moral decantations armed with strong character values and religious knowledge in the era of disruption of globalization.
Keyword: reinforcement, values, character, and school culture.