Membaca merupakan salah satu keterampilan dasar yang terdapat dalam bahasa Jerman. Namun dalam keterampilan membaca membutuhkan banyak kosakata yang harus dikuasai. Dengan demikian perlu adanya metode pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam keterampilan membaca. Salah satunya adalah metode Scramble. Hal tersebut didukung dengan adanya keunggulan dari metode Scramble yaitu membuat peserta didik menjadi aktif, sehingga peserta didik lebih mudah dalam menguasai dan menghafal kosakata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar keterampilan membaca bahasa Jerman dengan metode Scramble peserta didik SMA Negeri 1 Mojosari kelas X semester 2. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar keterampilan membaca bahasa Jerman dengan metode Scramble di SMA Negeri 1 Mojosari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Mojosari. Sedangkan data yang digunakan pada penelitian ini didapat dari hasil tes keterampilan membaca bahasa Jerman yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung 8,012 > ttabel 2,034 dengan taraf signifikansi α = 0,05.Ada peningkatan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dalam keterampilan membaca, nilai rata-rata Post Test 86,76 lebih besar dari Pre Test 63,24. Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar setelah digunakan metode Scramble dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik SMA Negeri 1 Mojosari kelas X semester 2.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Membaca, Metode Scramble
Reading is one of the basic skills in German language. But reading skills require a lot of vocabulary to mastered. Thus the need for learning methods that can help students in reading skills. One of them is the Scramble method. This is supported by the advantages of the Scramble method, which is to make students active, so that students are easier to master and memorize vocabulary. The formulation of the problem in this research is how the results of learning German reading skills with the Scramble method of students of SMA Negeri 1 Mojosari in class X semester 2. The purpose of this study is to describe the results of learning German reading skills with the Scramble method at SMA Negeri 1 Mojosari. This type of research is quantitative research. The data source in this study was grade X students of SMA Negeri 1 Mojosari. While the data used in this study were obtained from the results of German reading skills tests which were then analyzed using t-tests. The results of data analysis using the t-test showed a tcount of 8.012> ttable of 2.034 with a significance level of α = 0.05. There was an increase in the average value of students' learning outcomes in reading skills, the average value of the Post Test 86.76 was greater than the Pre Test 63.24. There is a significant difference in learning outcomes after using the Scramble method in learning German reading skills in students of SMA Negeri 1 Mojosari in class X semester 2.
Keywords: Learning Outcomes, Reading Skills, Scramble Method