Penelitian bermaksud untuk mengembangkan media pelajaran berupa infografis berbasis line dan website, menggunakan jenis riset Research and Development (R&D) melalui enam tahap pengembangan yakni (1) permasalahan yang ada, (2) Mengumpulkan informasi, (3) Membuat rancangan hasil karya, (4) Memberikan pengesahan rancangan, (5) perbaikan desain, (6) Uji hasil karya, dan (7) telaah dan pemberitahuan. Riset ini ditujukan untuk peserta didik kelas XI multimedia yang terdiri dari 23 siswa di SMK Kartika 2 Surabaya. Riset ini memiliki pengaruh terhadap siswa/siswi dengan validitassebagai berikut (1) Penggunaan media pembelajaran infografis berbasis line dan website memiliki keefektifan sangat baik yaitu memperoleh nilai 87%, (2) Validitas angket respon siswa memperoleh nilai 100%, (3) Angket respon siswa terhadap media memperoleh nilai 83,33% yang berarti kualitas produk termasuk kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil riset yang telah diperoleh, hasil karya yang dikembangkan bisa difungsikan untuk acuan belajar peserta didik secara mandiri di rumah maupun di sekolah.
Kata kunci : Research and Development (R&D), respon siswa, infografis, website.