Anak autis mempunyai hambatan perilaku yang berlebihan (excensive) yaitu perilaku self stimulation atau mengulang-ulang jemari tangan secara terus-menerus. Oleh sebab itu diperlukan adanya suatu kegiatan permainan konstruktif untuk meminimalisir perilaku self stimulation pada anak autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan dapat atau tidak model permainan konstruktif bermedia lego dalam meminimalisir perilaku self stimulation pada anak autis.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian single subject research (SSR) atau disebut dengan penelitian subyek tunggal desain A-B. Subjek penelitiannya adalah satu anak autis sedang di ULABK Unesa Surabaya yang sering melakukan perilaku self stimulation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi. Sedangkan teknik analisis visual meliputi analisis dalam kondisi dan antar kondisi.
Berdasarkan data analisis, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan model permainan konstruktif bermedia lego dapat meminimalisir perilaku self stimulation pada anak autis yang sebelumnya dilakukan dengan jumlah durasi 88 – 104 detik dalam waktu 15 menit pada fase baseline (A) dan fase intervensi (B) mengalami penurunan dengan jumlah durasi 29 – 49 detik dalam waktu 15 menit.
Kata kunci : permainan konstruktif, lego, self stimulation, anak autis.
The autism children had excessive behavior hindrance i.e. self stimulation behavior or repeating the fingers continuously. Therefore, it was required an activity of constructive game to minimize the self stimulation behavior to autism children. This research purpose was to prove whether the constructive game model with Lego media could minimize self stimulation behavior to autism children or not.
The research kind used was experimental with arrangement of Single Subject Research (SSR) or it was called single subject design A-B. The research subject was one mild autism child, who often did self stimulation behavior, in ULABK Unesa Surabaya. The technique of data collection in this research used observation method while the technique of visual analysis included analysis of inside condition and among condition.
Based on the data analysis, it could be concluded that the activity of constructive game model with Lego media could minimize self stimulation behavior to autism children which was done before with the total duration 88 – 104 seconds in 15 minutes on baseline phase (A) and on intervention phase (B) it experienced decreasing with the total duration 29 – 49 seconds in 15 minutes.
Keywords: Constructive game, lego, self stimulation, autism children.