STUDI LITERATUR : EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIRTUAL REALITY PADA MAHASISWA FASHION DESIGN
LITERATURE STUDY : EFFECTIVENESS OF USING VIRTUAL REALITY ON FASHION DESIGN STUDENTS
ABSTRAK— Virtual Reality baik digunakan dalam pembelajaran dalam bidang seni dan desain, terutama fashion design karena akurasi, efektivitas, kejelasan, dan bentuk eksperimen virtual yang lekat digunakan. Simulasi dalam realitas visual dalam dunia pendidikan dapat memberikan pengalaman belajar yang baik dan inovatif, dikarenakan lingkungan eksperimental dibatasi ruang, waktu, dan alat. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan Virtual Reality pada mahasiswa fashion design yang ditinjau dari peningkatan kreativitas mahasiswa, minat belajar mahasiswa, dan proses pembelajaran. Untuk mendapatkan tinjauan literature ini dengan mencari referensi yang terkait menggunakan portal pengindeks Google Scholar, Research Gate, PubMed, dan Springer dan mendapatkan enam referensi yang terkait dengan tujuan studi yang dimulai dari tahun 2018 sampai 2020. Hasil studi literature menunjukkan: (1) meningkatkan kreativitas mahasiswa ditinjau dari aspek orisinalitas, pengembangan ide, pengembangan gagasan, dan pembaruan teknologi dengan memerhatikan unsur fungsionalitas dan estetika , (2) meningkatkan minat mahasiswa ditinjau dari aspek hedonia dan aspek utilitarian, dan (3) proses pembelajaran Virtual Reality dapat meningkatkan pola berpikir konstruktivis mahasiswa.
Kata Kunci : efektivitas, virtual reality, mahasiswa fashion design
ABSTRACT— Virtual Reality is best used in learning in the fields of art and design, especially fashion design because of its accuracy, effectiveness, clarity, and the inherent form of virtual experiments used. Simulations in visual reality in the world of education can provide a good and innovative learning experience, because the experimental environment is limited by space, time, and tools. The purpose of writing this article is to determine the effectiveness of using Virtual Reality on fashion design students in terms of increasing student creativity, student interest in learning, and the learning process. To get this literature review by looking for related references using the Google Scholar, Research Gate, PubMed, and Springer indexing portals and getting six references related to the study objectives starting from 2018 to 2020. The results of the literature study show: (1) increasing creativity students viewed from the aspect of originality, idea development, idea development, and technological renewal by paying attention to the elements of functionality and aesthetics, (2) increasing student interest in terms of hedonic and utilitarian aspects, and (3) the Virtual Reality learning process can improve students' constructivist thinking patterns .
Keyword: effectiveness, virtual reality, fashion design students