PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KERETA MUSIK TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN
THE DEVELOPMENT OF MUSIC TRAIN EDUCATIONAL GAME TOOLS TO THE CREATIVITY OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Abstrak
Permainan edukatif kereta musik adalah suatu permainan memainkan instrumen musik seperti rebana, kecapi, saron, marakas, dan gitar yang berbentuk gerbong kereta yang divariasi dengan lagu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media permainan edukatif kereta musik terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model 4D yang dikembangkan Thiagarajan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek dalam uji coba penelitian ini adalah lima orang anak berusia 5-6 tahun dan 30 orang guru PAUD. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur dan kuesioner online melalui google form yang disertai dengan video penerapan permainan edukatif kereta musik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil ujicoba yang dilakukan pada lima orang anak berusia 5-6 tahun yaitu sebelum ujicoba sebesar 32% dan meningkat menjadi 84% sesudah ujicoba media permainan edukatif kereta musik. Hal ini menunjukkan bahwa permainan edukatif kereta musik dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan anak dalam berpikir kreatif. Hasil validasi dari ahli materi adalah 90%, ahli media adalah 75%, dan penilaian kelayakan 30 orang guru PAUD adalah 93%. Dari penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan alat permainan edukatif kereta musik yang telah diujicobakan dengan skala kecil yaitu valid dan layak. Hal ini menunjukkan permainan kereta musik ini efektif dan dapat diterapkan serta memiliki daya tarik bagi anak usia dini dalam belajar.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kreativitas, Permainan Kereta Musik
Abstract
Train educational game music is a game of playing musical instruments such as tambourine, harp, saron, maracas, and guitar in the form of a train carriage which is varied with songs. This study aims to test the feasibility of the train educational game media music on the creativity of children aged 5-6 years. This research method uses the R&D (Research and Development) method with a 4D model developed by Thiagarajan, namely define, design, develop and disseminate. The subjects in this research trial were five children aged 5-6 years and 30 early childhood teachers. The data collection instrument used a structured interview technique and an online questionnaire through a google form accompanied by a video of the implementation of the train educational game music. The data analysis technique used quantitative and qualitative descriptive analysis. The results of the trial conducted on five children aged 5-6 years, namely before the trial was 32% and increased to 84% after the trial of the train educational game media music. This shows that the train educational game music can increase children's creativity and ability to think creatively. The validation results from material experts are 90%, media experts are 75%, and the feasibility assessment of 30 early childhood teachers is 93%. From this research, it shows that the development of train educational game tools music that has been tested on a small scale is valid and feasible. It shows the train game music is effective and can be applied and has an appeal for early childhood in learning.
Keywords: Early Childhood, Creativity, Musical Train