Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran,
keterampilan proses sains siswa dan mendeskripsikan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran
model pembelajaran berbasis masalah pada materi zat aditif di kelas VIII Negeri 40 Surabaya. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
metode observasi, metode tes, dan metode angket. Observasi berupa data keterlaksanaan pembelajaran,
tes berupa data pretest dan posttest, angket berupa respon siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII-F dan VIII-G SMP Negeri 40 Surabaya yang berjumlah masing-masing kelas 30 siswa. Berdasarkan
pengamatan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada kelas VIII-F dan
VIII-G memperoleh skor rata-rata yang sama, pada pertemuan pertama skor rata-rata sebesar 3,8, pertemuan kedua skor rata-rata sebesar 3,9
dan keduanya masuk dalam kategori sangat baik. Keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan terbukti dari hasil pretest dan posttest yang meningkat.
Berdasarkan persentase N-Gain peningkatan keterampilan proses sains kelas VIII-F dan VIII-G memperoleh hasil yang sama sebesar 66,7% termasuk kriteria tinggi dan 33,3% termasuk kriteria sedang. Siswa kelas VIII-F dan VIII-G memberikan respon sangat baik sebesar 85% terhadap pembelajaran berbasis masalah pada materi zat aditif. Kesimpulan penelitian ini pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 40 Surabaya.
This study aims to describe the implementation of learning, science process skills of students and describe student responses after participating in learning problem-based learning models on additive material in class VIII Negeri 40 Surabaya. The type of research used is descriptive quantitative.
Data collection techniques performed by the method of observation, test methods, and questionnaire methods. Observation in the form of learning implementation data, tests in the form of pretest and posttest data, questionnaire in the form of student responses. The subjects in this study were students of class VIII-F and VIII-G SMP Negeri 40 Surabaya, each of which had a class of 30 students. Based on observations of the implementation of learning using the problem-based learning model in class VIII-F and VIII-G obtained the same average score, at the first meeting an average score of 3.8, the second meeting an average score of 3.9 and both included in the excellent category. The science process skills of students have been shown to be improved from the increased pretest and posttest results. Based on the percentage of N-Gain the improvement of science process skills in class VIII-F and VIII-G obtained the same result of 66.7% including high criteria and 33.3% including medium criteria. Class VIII-F and VIII-G students gave an excellent response of 85% to problem-based learning on additive material. The conclusion of this study on the application of problem-based learning models can improve the science process skills of students at SMP Negeri 40 Surabaya.