ANALYSIS OF LEARNING IN NETWORK (ONLINE) JAPANESE SUBJECTS MA BANU HASYIM WARU
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran secara daring dalam mata pelajaran bahasa Jepang, untuk mengetahui faktor penghambat guru dalam proses pembelajaran daring dan faktor pendukung guru dalam proses pembelajaran daring. Tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah MA Banu Hasyim Waru.
Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan bantuan lembar observasi berisi langkah-langkah pembelajaran secara daring yang digunakan untuk menganalisis proses pembelajaran daring. Wawancara dengan guru dilakukan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung guru dalam proses pembelajaran daring sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendukung data hasil observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (simpulan).
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran bahasa Jepang secara daring pada MA Banu Hasyim sudah dilakukan dengan baik dan langkah-langkah pembelajaran dilakukan dengan runtut mulai dari awal sampai akhir pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Hanya saja pada akhir pembelajaran, guru tidak membuat rangkuman materi. Adapun faktor penghambat guru dalam proses pembelajaran daring yaitu selalu terjadi gangguan sinyal dan hambatan yang berasal dari diri peserta didik. Sedangkan untuk faktor pendukung guru dalam proses pembelajaran daring antara lain waktu yang lebih efisien, gawai, kuota internet, dan buku pelajaran.
Kata kunci: Proses Pembelajaran Daring, Bahasa Jepang, Faktor Penghambat, Faktor Pendukung
The purpose of this research are determine the online learning in Japanese language, to determine the obstacle encountered of the teachers in the online learning and the supporting factors of teachers in the online learning. The place to do this research is in MA Banu Hasyim Waru.
In this research used the descriptive qualitative method. Data was collected by observation, interviews and documentation. Observations were made with the help of an observation sheet containing online learning steps that were used to analyze the online learning process. Interviews with teachers were conducted to determine the obstacle and supporting factors of teachers in the online learning process, while documentation was used to support data from observations and interviews. The data analysis technique in this research used the analysis technique of Miles and Huberman which consists of three stages, namely the data reduction stage, data presentation, and verification(conclusion).
Based on the results of the analysis, it can be concluded that the online Japanese learning process at MA Banu Hasyim has been carried out well and the learning steps are carried out in a coherent manner starting from the beginning to the end of learning in accordance with the 2013’s curriculum. The obstacle factors for teachers in the online learning process are signal interference and obstacles that come from students themselves. Meanwhile, the supporting factors for teachers in the online learning process include more efficient time, devices, internet quotas, and
Keywords: Online Learning Process, Japanese Language, obstacles factor, Supporting Factors