Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Praktik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Penerapan Prosedur
Kustori. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Praktik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Penerapan Prosedur. Disertasi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof Dr. Rusijono, M.Pd., dan (II) Dr. Andi Mariono, M.Pd.
Kata-kata kunci: model pembelajaran berbasis praktik, kemampuan memahami konsep, kemampuan menerapkan prosedur.
Pesatnya perkembangan industri penerbangan di Indonesia mendorong besarnya kebutuhan terhadap tenaga terampil. Bersamaan dengan itu, perguruan tinggi yang menghasilkan tenaga terampil tersebut menghadapi persaingan yang ketat dalam menghasilkan lulusan yang kompetitif baik antar sesama perguruan tinggi di bidang penerbangan maupun dari perguruan tinggi umum lainnya. Dalam perspektif teknologi pendidikan, peningkatan kualitas lulusan agar lebih kompetitif dimulai dengan perbaikan pembelajaran. Pemahaman konsep dan penerapan prosedur merupakan kemampuan kognitif yang sangat penting bagi tenaga terampil di dalam industri penerbangan.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) suatu model pembelajaran berbasis praktik yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep dan penerapan prosedur, (2) perangkat pembelajaran berbasis praktik yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep dan penerapan prosedur, dan (3) model pembelajaran berbasis praktik yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan penerapan prosedur.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick & Carey dengan Subyek uji coba penelitian mahasiswa POLTEKBANG Surabaya sebanyak 46 orang. Desain uji coba melibatkan ahli desain, ahli materi dan ahli media. Instrumen penelitian menggunakan tes dan non tes (kuesioner). Keefektifan model diuji melalui ujicoba lapangan dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design.
Hasil penelitian pengembangan adalah: (1) Model pembelajaran berbasis praktik memiliki kelayakan (2) Perangkat pembelajaran penyerta berupa Satuan Acara Perkuliahan (SAP) termasuk kategori sangat layak dan soal termasuk kategori sangat layak (3) Model pembelajaran berbasis praktik dinyatakan efektif untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Penerapan Prosedur
Developing a Practice-Based Learning Models to Improve Concept Understanding and Procedural Application
Kustori. 2020. Developing a Practice-Based Learning Models to Improve Concept Understanding and Procedural Application. Dissertation, Department of Educational Technology, Postgraduate, Surabaya State University. Supervisors: (I) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd., and (II) Dr. Andi Mariono, M.Pd.
Keywords: Practice-Based Learning, Understanding Conceptual Knowledge, applying Procedural Knowledge.
The rapid development of the aviation industry in Indonesia encourages a great need for skilled workers. At the same time, universities that produce skilled personnel face intense competition in producing competitive graduates between universities in the aviation sector and from other public universities. From the perspective of educational technology, improving the quality of graduates to make them more competitive begins with improved learning. Understanding the concept and applying procedures are very important cognitive abilities for skilled personnel in the aviation industry.
This development research aims to produce: (1) a valid practice-based learning model to improve concept understanding and procedural application, (2) a valid practice-based learning tools to improve concept understanding and procedural application, (3) an effective practice-based learning model to improve concept understanding and procedural application.
This study used the Dick & Carey development model with the research trial subjects of the Surabaya POLTEKBANG students. Trial design involves design experts, material experts, and media experts. The research instrument used tests and non-tests (questionnaires). The effectiveness of the model was tested through field trials using the pretest-posttest control group design research design.
The results of this development research are: (1) The Practice-Based Learning model is categorized as valid (2) The Practice-Based Learning tools in the form of a lesson plan is in the very valid category and the questions are in the very valid category (3) The practice-based learning model is effective to improve concept understanding and procedural application.