PENGARUH TPB DAN PERCEIVED RISK TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN LAYANAN PAYLATER
(Studi pada Pengguna Aplikasi Fintech dan E-commerce)
THE EFFECT OF TPB AND PERCEIVED RISK ON INTENTION TO USE PAYLATER SERVICES
(Study on Users of Fintech Applications and E-commerce)
Fenomena meningkatnya konsumen paylater secara signifikan dari tahun ke tahun membuat banyak perusahaan yang bergerak pada industri teknologi berlomba-lomba untuk menyediakan layanan paylater. Namun dari hal tersebut terjadi sebuah tunggakan besar-besaran yang dilakukan oleh konsumen. Berdasarkan fenomena tersebut, tujuan penulis melakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui preferensi niat menggunakan konsumen fintech dan e-commerce terhadap layanan paylater dengan menggunakan TPB sebagai sebagai acuan untuk penelitian ini kemudian ditambah satu variabel independen yaitu persepsi risiko. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif melaui survei data online dan data akan dianalisis menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif, perceived behavioral control dan persepsi risiko berpengaruh positif terhadap niat menggunakan layanan paylater. Sementara itu, persepsi risiko memiliki pengaruh terkecil terhadap niat menggunakan layanan paylater.
The phenomenon of increasing paylater consumers significantly from year to year has made many companies engaged in the technology industry vying to provide paylater services. However, from this there was a massive arrears made by consumers. Based on this phenomenon, the purpose of the authors in conducting this research is to determine the preference for the intention of using fintech and e-commerce consumers for paylater services by using TPB as a reference for this research and then adding one independent variable, namely risk perception. This study uses a type of quantitative research through online data surveys and data will be analyzed using Statistical Package for Social Science (SPSS) version 26. The results of this study indicate that attitudes, subjective norms, perceived behavioral control and perceived risk have a positive effect on the intention to use paylater services. Meanwhile, perceived risk has the smallest effect on the intention to use paylater services.