Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar ditinjau dari persepsi terhadap pola asuh orang tua. Subjek penelitian merupakan seluruh siswa kelas VII di SMP “X” Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil dari analisis varians satu jalur menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) sehingga dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemandirian belajar ditinjau dari persepsi terhadap pola asuh orang tua pada siswa kelas VII SMP “X” Surabaya.
Kata kunci: Kemandirian Belajar, Pola Asuh, Siswa
This study aimed to describe the differences of self-directed learning in terms of perception toward parenting style. The sample of this study was the seventh grade students of SMP “X” Surabaya. The quantitative method was employed and the data was collected from the questionnaires. The results of one-way analysis of variance showed a significant value which was 0,000 (<0,05). Therefore, it can be known that there were significant differences of self-learning in terms of perception toward parenting style on students at seventh grade of SMP “X” Surabaya.
Keywords: Self-Directed Learning, Parenting style, Students