LITERATUR REVIEW: HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA
LITERATURE REVIEW: THE RELATIONSHIP BETWEEN STUDENT LEARNING INTEREST AND STUDENT LEARNING OUTCOMES
Keberhasilan proses belajar di sekolah bisa dilihat dari pencapaian hasil belajar siswa, yang terpengaruh oleh berbagai faktor dari dalam maupun luar. Studi ini memusatkan perhatian pada faktor dari dalam, yaitu minat. Minat belajar dapat dievaluasi melalui indikator – indikator dan peneliti menggunakan aspek empat dimensi: perasaan senang, perhatian siswa, ketertarikan, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Indikator hasil belajar peneliti menggunakan tiga aspek kognitif, psikomotor, dan afektif. Hal ini mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik, baik dalam aspek kognitif yang tampak melalui nilai ujian, maupun dalam aspek psikomotor dan afektif, yang tercermin dalam perbaikan perilaku siswa setelah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar berdasarkan tinjauan studi literatur yang ada. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode analisis deskriptif melalui studi literatur. Penelitian ini melibatkan dua variabel, yaitu minat belajar dan hasil belajar. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari jurnal-jurnal relevan yang diakses melalui google scholar. Berdasarkan hasil penelitian jurnal, dapat disimpulkan bahwa minat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan. Semakin besar minat siswa terhadap suatu pelajaran, maka semakin tinggi motivasi untuk belajar lebih tekun, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar termasuk nilai ujian dalam mata pelajaran tersebut.
Kata Kunci: pencapaian pembelajaran, minat belajar, hasil belajar siswa
The success of education in schools can be observed from students' learning outcomes, which are influenced by various internal and external factors. This research focuses on internal factors, namely students' interest in learning and its extent of impact on learning outcomes. Learning interest can be evaluated through indicators, and the researcher uses four dimensions: students' enjoyment, attention, interest, and involvement in the learning process. For learning outcomes, the researcher uses three indicators: cognitive, psychomotor, and affective aspects. This supports the achievement of better learning outcomes, both in cognitive aspects as seen through exam scores and in psychomotor and affective aspects, reflected in improvements in students' behavior after the learning process. This study aims to analyze the relationship between students' interest in learning and learning outcomes based on existing literature reviews. This research is qualitative and uses descriptive analysis methods through literature studies. The study involves two variables: learning interest and learning outcomes. The data used are secondary data obtained from relevant journals accessed through Google Scholar. Based on the research findings from journals, it can be concluded that interest significantly affects students' learning outcomes. The greater the students' interest in a subject, the higher their motivation to study diligently, which ultimately can improve learning outcomes, including exam scores in that subject.
Keywords: learning achievement, learning interest, student learning outcomes