Pengaruh Latar Belakang Orangtua dan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Literasi Fisik Siswa
The Effect of Parental Background and Physical Education Teacher Competence on Students` Physical Literacy
ABSTRAK
Priadana, Benny Widya. 2024. Pengaruh Latar Belakang Orangtua dan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Literasi Fisik Siswa. Disertasi, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ali Maksum, dan (II) Prof. Suroto, M.A., Ph.D.
Kata kunci: latar belakang orangtua, kompetensi guru, pendidikan jasmani, literasi fisik siswa
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan faktor dominan latar belakang orangtua yang mempengaruhi literasi fisik siswa, (2) menemukan faktor dominan kompetensi guru pendidikan jasmani yang mempengaruhi literasi fisik siswa, dan (3) menemukan model teoritis yang menjelaskan hubungan struktural antara latar belakang orangtua dan kompetensi guru pendidikan jasmani dalam mempengaruhi literasi fisik siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimen yaitu penelitian eksplanatori. Penelitian eksplanatori bertujuan untuk menjelaskan sebab dan akibat, korelasi atau menjelaskan segala sesuatu sebagaimana adanya. Melalui pengujian model teoritis yang menggambarkan relasi antara latar belakang orangtua, kompetensi guru pendidikan jasmani, dan literasi fisik siswa. Responden dalam penelitian ini berjumlah 351 siswa sekolah dasar di kabupaten Bojonegoro memenuhi syarat dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Latar Belakang Orangtua, persepsi siswa tentang Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani, dan Literasi Fisik Siswa yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SEM (Structural Equation Models) dengan bantuan program AMOS.
Hasil penelitian membuktikan bahwa latar belakang orangtua dan kompetensi guru pendidikan jasmani efektif untuk membentuk literasi fisik siswa. Model teoritis yang menggambarkan hubungan latar belakang orangtua, kompetensi guru pendidikan jasmani, dan literasi fisik siswa sesuai dengan data empiris (CMIN/DF= 1,844 < 3; CFI= 0,912 ≥ 0,90; TLI= 0,908 ≥ 0,90; IFI= 0,912 ≥ 0,912; dan RMSEA= 0,049 ≤ 0,08). 1) Dimensi pendapatan orangtua menjadi prediktif tertinggi dalam membentuk literasi fisik siswa dibanding dimensi pendidikan orangtua dan dimensi kegemaran orangtua berolahraga pada variabel latar belakang orangtua, 2) dimensi kompetensi sosial menjadi prediktif tertinggi dalam membentuk literasi fisik siswa dibanding dimensi kompetensi pedagogis, kepribadian, dan profesional pada variabel kemampuan guru pendidikan jasmani dalam membentuk literasi siswa; dan 3) Latar belakang orangtua lebih dominan mempengaruhi terbentuknya literasi fisik siswa mereka (β=0,141; p=0,011) daripada kompetensi guru pendidikan jasmani (β=0,137; p=0,020). Sehubungan dengan temuan penelitian ini disarankan agar orangtua dapat memfasilitasi kebutuhan anak dan melibatkan anak-anak dalam berbagai aktivitas fisik dan keterampilan gerakan dasar mereka. Diperlukan kerja sama antara orangtua dan guru pendidikan jasmani, agar siswa memperoleh dukungan penuh dalam mengoptimalkan literasi fisik mereka.
Priadana, Benny Widya. 2024. The Effect of Parental Background and Physical Education Teacher Competence on Students' Physical Literacy. Dissertation, Sports Science Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Advisors: (1) Prof. Dr. Ali Maksum, and (II) Prof. Suroto, M.A., Ph.D.
Keywords: parental background, teacher competences, physical education, students' physical literacy
This study aims to (1) find the dominant factor of parental background that affects students' physical literacy, (2) find the dominant factor of physical education teacher competence that affects students' physical literacy, and (3) find a theoretical model that explains the structural relationship between parental background and physical education teacher competence in influencing students' physical literacy.
This study used a non-experimental quantitative approach, namely explanatory research. Explanatory research aims to explain cause and effect, correlation, or explain things as they are. By testing the theoretical model that describes the relationship between parental background, physical education teacher competence, and students' physical literacy. The total number of respondents for this study was 351 elementary school students in the Bojonegoro district. The instruments used in this study were parental background, students' perceptions of physical education teachers' competence, and students' physical literacy, which had been tested for validity and reliability. Data analysis was done using SEM (Structural Equation Models) with the help of AMOS program.
The results prove that parental background and physical education teacher competence are effective in shaping students' physical literacy. The theoretical model that describes the relationship between parental background, physical education teacher competence, and physical literacy of (CMIN/DF = 1.844 < 3; CFI = 0.912 ≥ 0.90; TLI = 0.908 ≥ 0.90; IFI = 0.912 ≥ 0.912; and RMSEA = 0.049 ≤ 0.08). 1) the parental income dimension is the highest predictor in shaping students' physical literacy compared to the parental education dimension and the parental passion for sport dimension in the parental background variable; 2) the social competence dimension is the highest predictor in shaping students' physical literacy compared to the pedagogical, personality, and professional competence dimensions in the physical education teacher ability variable in shaping students' literacy; and 3) parental background is more dominant in influencing students' physical literacy (β=0. 141; p=0.011) than physical education teacher competence (β=0.137; p=0.020). In relation to the findings of this study, it is suggested that parents should facilitate their children's needs and involve their children in various physical activities and basic movement skills. physical activities and their basic movement skills. Cooperation is needed between parents and physical education teachers so that students are fully supported in optimizing their physical literacy.