PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS VIDEO UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL TATA BOGA TUNAGRAHITA
USE OF VIDEO BASED MEDIA FOR LEARNING VOCATIONAL CULINARY SKILL OF DEVELOPMENTAL DISABILITY
Abstrak
Pembelajaran keterampilan vokasional sangat diperlukan oleh siswa tunagrahita sebagai bekal bekerja setelah lulus sekolah. Banyak keterampilan vokasional yang dapat diberikan kepada siswa tunagrahita, salah satunya yaitu keterampilan tata boga. Pembelajaran keterampilan tata boga agar mudah diserap oleh siswa tunagrahita yaitu menggunakan media video. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media berbasis video untuk pembelajaran keterampilan vokasional tata boga tunagrahita. Metode penelitian dilakukan dengan cara literatur review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video efektif terhadap pembelajaran keterampilan vokasional termasuk keterampilan vokasional tata boga tunagrahita ringan dan penggunaan video promp peningkatannya lebih tinggi dibanding penggunaan video modeling atau video lainnya. Hal ini dikarenakan video promp berisi video yang relatif singkat sebelum mencoba setiap langkah tugas sehingga tunagrahita hanya butuh waktu sebentar untuk memfokuskan perhatian mereka.
Kata Kunci: Media Video, Keterampilan Vokasional, Tata Boga, Tunagrahita
Abstract
Learning vocational skills is needed by mentally retarded students as a provision for work after graduating from school. Many vocational skills can be provided to mentally retarded students, one of which is culinary skills. Learning culinary skills so that they are easily absorbed by mentally retarded students is to use video media. The purpose of this study was to analyze the use of video-based media for learning mental retardation vocational culinary skills. The research method was carried out by means of a literature review. The results showed that the use of video media was effective in learning vocational skills including vocational culinary skills of mild mental retardation and the use of promp videos the increase was higher than the use of video modeling or other videos. This is because the promp video contains a relatively short video before trying each step of the task so that mental retardation only takes a moment to focus their attention.
Keywords: Video based, Vocational Skills, Culinary, Developmental Disability