Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul teknik vokal berbantuan tutorial online sebagai buku suplemen Buku Elektronik Sekolah (BSE) pada mata pelajaran Seni Budaya bidang musik, khususnya seni vokal untuk membantu peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Gurah dalam memahami, mempraktikkan dan berlatih vokal. KD yang diambil pada penelitian ini adalah 3.4 (memahami perkembangan musik Barat) dan 4.4 (menampilkan beberapa lagu dan pertunjukan musik Barat). Desain uji coba menerapkan one-group pretest-posttest design. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Instrumen pengumpulan data meliputi model pengembangan menggunakan 4D (define, design, develop dan disseminate) dan kevalidan produk yang meliputi validasi ahli bahasa, validasi ahli isi materi dan validasi ahli kegrafikan.
Proses pengembangan modul teknik vokal berbantuan tutorial online diawali dengan penentuan KD, pemilihan sub materi, penyusunan isi modul dan mendesain cover modul. Modul jadi dan diberikan pada validator untuk dinilai. Hasil penilaian draft 1 terdapat revisi-revisi. Revisi ahli bahasa adalah perlunya untuk menggunakan kalimat yang mengajak, penambahan subjek dan tanda baca. Revisi ahli isi materi adalah perlunya penambahan kalimat perintah pada latihan, pembenahan harga garis, pembenahan harga titik, penambahan gambar dan penambahan kalimat pada latihan membaca notasi. Revisi ahli kegrafikan adalah pembenahan cover pada modul dan pembenahan audio pada video youtube. Modul direvisi dan dikembalikan pada validator untuk dinilai kembali. Hasil penilaian draft 2 modul disetujui dengan kelayakan bahasa 81,25%, kelayakan isi materi 84,37% dan kelayakan kegrafikan 80%, sehingga siap diuji cobakan pada peserta didik di lapangan.
Modul teknik vokal berbantuan tutorial online efektif untuk digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil uji t. Tahapan uji t adalah uji normalitas dan uji t. Uji normalitas untuk melihat normal tidaknya data. Hasil uji normalitas adalah data berdistribusi normal yang ditunjukkan dengan data pretest dan posttest tidak termasuk dalam daerah kritis. Tahap selanjutnya dilakukan uji t. Hasil uji t sebagai berikut; ttabel = 9,36 ˃ thitung = 1,96, sehingga hasil hipotesis menunjukkan SbdT ˃ SdT, H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji coba diperkuat dengan wawancara, yaitu 82% peserta didik mengalami peningkatan rasa percaya diri, 85% peserta didik mengalami peningkatan motivasi belajar, 79% peserta didik mengalami kemudahan mengeksplor materi, 82% peserta didik sangat baik dalam memahami materi, 88% tujuan pembelajaran dapat memperjelas hasil akhir dan 82% modul teknik vokal dapat memberi peluang besar bagi peserta didik untuk memelajari teknik vokal.
This study aims to develop a vocal technique module assisted by online tutorials as a supplementary book for School Electronic Books (BSE) in the subject of Cultural Arts in the field of music, especially vocal arts, to help class XI students at SMA Negeri Gurah with understanding, practicing and drill vocals. BC taken in this study were 3.4 (understanding the development of Western music) and 4.4 presenting several songs and performances of Western music). Development model using 4D (define, design, develop and disseminate). The research method uses quantative methods. The trial design applies a one-group pretest-posttest design. Data collection instruments include assessment instruments.
The process of developing vocal technique modules assisted by online tutorials begins with determining BC, selecting sub-materials, compiling module content and designing modul covers. Finished modules and distributed to validators to be assessed. The finished module is given to the validator to be assessed. The results of the assessment of draft 1 contained revisions. The linguist’s revision is the need to use inviting sentences, adding subjects and punctuation. The revision of the material content expert is the need to add imperative sentences to exercises, improve line prices, improve point prices, add pictures and add sentences to practice notation reading. The graphic expert’s revision is the cover improvement on the module and the audio improvement on the youtube video. The results of the draft 2 modules were approved with 81.25% language feasibility, 84.37% material content feasibility and 80% graphic feasibility, so that is ready to be tested by students in the field.
The vocal technique module, assisted by online tutorials, is effective for use in the implementation of learning, as indicated by the results of the t test. The stages of the t test are the normality test and the t test. Normality t test to see whether the data is normal or not. The results of the normality test are normally distributed data as indicated by the pretest and posttest data not included in the critical area. The next steps is do the t test. The results of the t test are as follows; ttable = 9,36 ˃ tcount = 1,96, so the hypothesis results show Sbdt ˃ SdT, H1 is accepted and H0 is rejected. The trial results were reinforced by interviews. Namely, 82% of students experienced an increase in self-confidence, 85% of students experienced an increase in learning motivation, 79% of students experienced the ease of exploring materials, 82% of students were very good at understing the material, 88% of learning objectives can clarify the final results and 82% of vocal technique modules can provide great opportunities for students to learn vocal techniques.