Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, dan Responsibilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Dasar di Kecamatan Plemahan-Kediri
The influence of transparency, accountability and responsibility of school financial management on the performance of elementary school teachers in Plemahan-Kediri
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transparansi, akuntabilitas, dan responsibilitas pengelolaan keuangan sekolah terhadap kinerja guru di Plemahan-Kediri. Sampel penelitian adalah guru sekolah dasar di kecamatan Plemahan-Kediri. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling, pengujian data menggunakan software SPSS 26 yang dianalisis dengan uji regresi berganda. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa transparansi dan akuntabilitas berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Sedangkan responsibilitas tidak berpengaruh terhadap kinerja guru sekolah dasar di Plemahan-Kediri.
Kata kunci: Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Pengelolaan Keuangan Sekolah, Kinerja Guru
This research aims to determine the effect of transparency, accountability and responsibility in school financial management on teacher performance in Plemahan-Kediri. The research sample was elementary school teachers in the Pringan-Kediri sub-district. The research method used in this research is a quantitative method with sampling using proportional random sampling technique, data testing using SPSS 26 software which is analyzed using multiple regression tests. The results of the research conducted show that transparency and accountability have a positive effect on teacher performance. Meanwhile, responsibility has no effect on the performance of elementary school teachers in Plemahan-Kediri.
Keywords: Transparency, Accountability, Responsibility, School Financial Management, Teacher Performance