Sucahya,
Deni Adi. 2021. Pengaruh Project-based Learning (PjBL) Terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut di SMK Maskumambang 1
Gresik Ditinjau dari Keterampilan Kolaborasi . Proposal Tesis, Program Studi
Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Muhaji, S.T., M.T., dan (II) Dr. Hj. Euis Ismayati,
M.Pd.
Penelitian
ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa yang
belajar menggunakan PjBL dengan siswa yang belajar menggunakan MPL; (2)
menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa dengan keterampilan
kolaborasi tinggi dan siswa dengan keterampilan kolaborasi rendah; dan (3)
menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan kolaborasi
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TPB kelas XI TPm di SMK
Maskumambang 1 Gresik.
Penelitian
ini berjenis kuasi eksperimen dengan pendekatan kuatitatif yang mengacu pada
desain faktorial 2x2. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI TPm yang mengampu
mata pelajaran teknik pemesinan bubut (TPB) di SMK Maskumambang 1 Gresik.
Terdapat tiga instrumen yang digunakan yaitu soal tes untuk mengukur hasil
belajar ranah kognitif, lembar pengamatan untuk mengukur hasil belajar ranah
afektif, psikomotor (sikap siswa saat praktikum), dan keterampilan kolaborasi.
Selain itu, hasil belajar ranah psikomotor juga diukur melalui laporan
praktikum. Uji validitas instrumen dilakukan melalui validasi para ahli dan
kelas uji coba. Uji normalitas data menggunakan uji kolmogorov-smirnov ,
uji homogenitas variansi data menggunakan uji levene’s , sedangkan uji
hipotesis menggunakan uji Anava dua jalur.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa menggunakan model
pembelajaran PjBL (ranah kognitif = 81,7650, ranah afektif = 81,2588, ranah
psikomotor = 79,8794) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa
yang menggunakan MPL (ranah kognitif = 76,8624, ranah afektif = 76,6706, ranah
psikomotor = 77,9500); (2) hasil belajar siswa dengan keterampilan kolaborasi
tinggi (ranah kognitif = 82,90, ranah afektif = 82,95, ranah psikomotor =
79,77) lebih tinggi secara signifikan jika dibanding dengan siswa dengan
keterampilan kolaborasi rendah (ranah kognitif = 77,34, ranah afektif = 76,35,
ranah psikomotor = 78,06 ); (3) terdapat interaksi secara signifikan antara
keterampilan kolaborasi dengan model pembelajaran yang dapat dilihat dari hasil
belajar siswa (kognitif = 39,850, afektif = 44,413, psikomotor = 20,793) pada
Mata Pelajaran Teknik Permesinan Bubut X TPM di SMK Maskumambang 1 Gresik.
Kata
kunci: project-based
learning, hasil belajar, keterampilan kolaborasi, mata pelajaran teknik
pemesinan bubut