AN OVERVIEW OF PROBING QUESTION STRATEGY IN PROMOTING STUDENTS' READING COMPREHENSION
Abstrak
Peran teacher talk merupakan bagian utama dalam mengelola kelas. Strategi bertanya adalah salah satu jenis teacher talk yang dianggap memegang peran penting dalam memajukan prestasi siswa dalam kelas Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Pertanyaan merupakan sebuah rangsangan yang dapat mendorong siswa memahami dan menafsirkan suatu topik sehingga mereka dapat menguasai konsep dan materi belajar dengan mudah untuk mendukung pemahaman membaca siswa dengan mengembangkan proses belajar tingkat tinggi. Dalam sudut pandang lain, pertanyaan adalah pedagogik guru untuk membangun pengetahuan dengan merangsang siswa untuk berkomunikasi dan secara aktif memastikan pemahaman yang mereka miliki. Salah satu jenis strategi bertanya yang dipercaya menunjukkan nilai besar pada pemahaman siswa adalah probing question. Ini didefinisikan sebagai pertanyaan yang bersifat menggali jawaban lebih lanjut dari siswa dengan tujuan untuk mengembangkan kualitas jawaban, sehingga jawabannya dapat lebih jelas, lebih akurat dan beralasan. Oleh karena itu, makalah ini akan membahas tentang penggunaan probing question dan segala kemungkinannya dalam mendukung pemahaman membaca.
Kata Kunci: Strategi bertanya, probing question, pemahaman membaca
Abstract
The role of teacher talk is a major part of managing the class. Questioning strategy in learning is a teacher talk that plays an important role in promoting the students' achievements in English as a Foreign Language (EFL) Classroom. The question is a stimulus that can encourage students to conceive and construe a topic, so they can master the concepts, materials easily to support students' reading comprehension by developing students' high-level thinking process. In another point of view, the question is a teacher's pedagogic to construct knowledge together through stimulating students to communicate and actively ensure their comprehension. One type of questioning strategy that pointedly carry out a great value on students' reading comprehension is probing questions. It is defined as a digging question to get a further answer from students that intends to develop the quality of the answer so that the answer can be clearer, more accurate, and reasoned. Therefore, this paper will discuss the use of probing questions and its possibilities in promoting reading comprehension.
Keywords: Questioning strategy, probing question, reading comprehension