Dengan adanya perkembangan IPTEK dibidang pendidikan, menyebabkan adanya perubahan kurikulum, metode pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang pendidikan. Untuk mengikuti adanya perkembangan ini maka dalam pembelajaran seni budaya perlu adanya penggunaan media-media baru yang lebih inovatif dalam berkarya seni rupa agar siswa tidak merasa bosan dan malas berkarya.
Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin membahas tiga rumusan masalah yang diangkat, diantaranya: 1) Bagaimana persiapan pembelajaran seni lukis dengan media bahan kain kaos dan semen putih pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Patianrowo, Nganjuk?; 2) Bagaimana proses pembelajaran seni lukis dengan menggunakan media kain kaos dan semen putih pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Patianrowo, Nganjuk?; 3) Bagaimana hasil karya seni lukis siswa dengan menggunakan media kain kaos dan semen putih pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Patianrowo, Nganjuk?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan kepala sekolah SMA Negeri 1 Patianrowo dan guru pengajar seni budaya kelas X IPA 1 , melakukan tes keterampilan yaitu dengan memberikan dua tugas berkarya seni rupa 2D (melukis) dengan menggunakan media kai kaos dan semen putih, dokumentasi dan foto yang diambil pada saat proses penelitian berlangsung. Analisis data dilakukan dengan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil karya seni rupa 2D (melukis) melukis menggunakan media kain kaos dan semen putih pada kelas X IPA 1 sudah cukup bagus dalam aspek penguasaan media, kemampuan teknik dalam berkarya, komposisi warna yang digunakan, pemilihan objek gambar, penyajian akhir. Hasil evaluasi karya yang sudah dibuat oleh siswa, nilai rata-rata pada karya ke-1 yaitu 78,19 atau dengan predikat B+, dan nilai rata-rata pada karya ke-2 yaitu 86,02 atau dengan predikat A.
Kata Kunci: Kain Kaos dan Semen Putih, Media Berkarya, Seni Lukis
With the development of science and technology in field o education, causing changes in curriculum, learning methods, learning facilities and infrastructure that aim to improve competence in the field of education. To keep abreast of this development, in learning art and culture, it is necessary to use new media that are more innovative in creating fine arts so that students do not feel bored and lazy to work.
Based on this, the researcher would like to discuss three formulations of the issues raised, including: 1)How are the preparations for the learning of painting with the media of whie t-shirt and cement materials in class X Science students 1 of Senior High School 1 Patianrowo, Nganjuk?; 2) What is the process of learning painting by using t-shirt and white cement media in class X Science 1 students of Senior High School 1 Patianrowo, Nganjuk?; 3) How do the results of students painting by using t-shirt and white cement media on students of class X Science 1 of Senior High School 1 Patianrowo, Nganjuk.
This study used qualitative research methods. Data collection was obtained through observation, interview with the principal of Senior High School 1 Patianrowo and teacher of cultural art class X Science 1, conducting a skills test that is by giving two tasks of creating 2D art (painting) by using a t-shirt and white cement media, documentation and photos taken during the research, data reduction, data presentation, drawing conclusions.
The results of 2D fine art (painting) painting using t-shirt and white cement media in class X Science 1are good enough in the aspests of media mastery technical abilities in the work color composition used, selection of drawing objects final presentation. The results of evaluation of works that have been made by students, the average value in the first work is 78.19 or with a B+ predicate, and the average value in the second work is 86.02 or with the tittle A.
Keywords: T-shirt and White Cement Fabrich, Creative Media Painting