Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu
Management Of Vocational Skills Service for Deaf Students
Pendidikan inklusif merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang dapat menyatukan anak-anak berkebutuhan khusus dengan anak-anak normal untuk mendapatkan layanan akademik maupun layanan non akademik. Anak berkebutuhan khusus ialah anak yang memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa menunjukkan pada ketidakmampuan mental, sosial emosional, maupun fisik. Metode penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari literatur maupun referensi-referensi baik buku ataupun jurnal. Hasil penelitian kajian literatur ini yaitu mendeskripsikan tentang keterampilan vokasional bagi anak berkebutuhan khusus rungu (tuna rungu). Anak tunarungu mengalami keterbatasan dalam akademik, namun tidak menutup kemungkinan mereka mampu berkarya pada bidang keterampilan vokasional ini. Layanan keterampilan vokasional juga menjadi program utama dalam membekali pribadi individu saat transisi pasca sekolah nanti. Keterampilan vokasional meliputi tata kecantikan, tata boga, dan sablon. Layanan ini didukung dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap berupa alat dan bahan yang baik, serta ruangan khusus dan guru yang berpengalaman dibidang keterampilan masing-masing.
Kata Kunci : Pendidikan inklusif, keterampilan vokasional, siswa tunarungu
Inclusive education is a form of education that can unite children with special needs with normal children to get academic and non-academic services. Children with special needs are children who have special characteristics that are different from children in general without showing mental, social, emotional or physical disabilities. This research method uses secondary data sourced from literature and references both books and journals. The results of this literature review study are describing vocational skills for children with special needs of hearing impaired. Deaf children experience limitations in academics, but it does not rule out the possibility they are able to work in this field of vocational skills. Vocational skills services also become the main program in equipping individuals during the post-school transition later. Vocational skills include beauty, catering, and screen printing. This service is supported by complete facilities and infrastructure in the form of good tools and materials, as well as special rooms and experienced teachers in their respective skills.