PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KETERAMPILAN MENJAHIT BAGI SISWA TUNARUNGU DI SMALB – B KARYAMULIA SURABAYA
DEVELOPMENT OF SEWING SKILLS GUIDEBOOK FOR DEAF STUDENTS IN SMALB - B KARYA MULIA SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan keterampilan menjahit dan untuk menguji kelayakan dari pengembangan buku panduan keterampilan menjahit bagi siswa tunarungu di SMALB – B KaryaMulia Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi atau diterapkan dalam 4 tahap yaitu analysis, design, development dan implementation. Materi dalam pengembangan buku panduan ini meliputi tahapan keterampilan menjahit pola dasar pakaian wanita sederhana yang setiap tahapan dilengkapi dengan gambar penjelas dan menggunakan bahasa sederhana agar mudah dipahami oleh siswa tunarungu. Subjek penelitian ini siswa SMALB – B KaryaMulia Surabaya pada sampel kelas XI dan dengan jumlah sampel yang diambil 2 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket hasil uji validasi ahli dan guru keterampilan menjahit sebagai praktisi pendidikan. Hasil analisis data dihitung menggunakan statistik deskriptif dengan menghitung rata rata (mean) pada penilaian uji kelayakan pengembangan buku panduan keterampilan menjahit bagi siswa tunarungu oleh ahli materi keterampilan menjahit, penilaian ahli media pembelajaran dan guru keterampilan menjahit sebagai ahli praktisi pendidikan keterampilan menjahit. Berdasarkan hasil analisis data bahwa penilaian uji kelayakan pengembangan buku panduan keterampilan menjahit oleh validasi ahli materi keterampilan menjahit memperoleh hasil 4,30 dengan kriteria penilaian validator dikategorikan baik. Penilaian validasi ahli media pembelajaran memperoleh hasil 3,85 dengan kriteria penilaian validator dikategorikan baik. Serta penilaian guru keterampilan menjahit sebagai ahli praktisi pendidikan keterampilan di SMALB – B KaryaMulia Surabaya memperoleh hasil 4,15 dengan kriteria penilaian validator dikategorikan baik. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku panduan keterampilan menjahit dinyatakan layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran keterampilan menjahit di SMALB – B KaryaMulia Surabaya khususnya dalam materi pembuatan pola dasar pakaian wanita sederhana.
Kata Kunci: Buku Panduan, Keterampilan, Menjahit, Tunarumgu
This study aims to develop a sewing skills manual and to test the feasibility of developing a sewing skills manual for deaf students at SMALB – B KaryaMulia Surabaya. The research method used in this research is the ADDIE development model which is modified or applied in 4 stages, namely analysis, design, development and implementation. The material in the development of this guidebook includes the stages of sewing basic patterns of simple women's clothing, each stage equipped with explanatory pictures and using simple language to make it easy for deaf students to understand. The subjects of this study were students of SMALB - B KaryaMulia Surabaya in class XI samples and the number of samples taken was 2 students. The data collection technique used a questionnaire of expert validation test results and sewing skills teachers as educational practitioners. The results of data analysis were calculated using descriptive statistics by calculating the average (mean) on the feasibility test assessment of the development of sewing skills manuals for deaf students by sewing skills experts, assessment of learning media experts and sewing skills teachers as experts in sewing skills education practitioners. Based on the results of data analysis that the assessment of the feasibility test for the development of a sewing skills manual by expert validation of sewing skills material obtained a result of 4.30 with the validator's assessment criteria categorized as good. The evaluation of the validation of the learning media experts obtained 3.85 results with the validator assessment criteria being categorized as good. As well as the assessment of sewing skills teachers as expert practitioners of skills education at SMALB - B KaryaMulia Surabaya obtained a result of 4.15 with the validator assessment criteria being categorized as good. It can be concluded that the use of the sewing skills manual is deemed appropriate for use in sewing skills learning activities at SMALB – B KaryaMulia Surabaya, especially in the material for making basic patterns of simple women's clothing.
Keyword: Guidance Book, Skill, Sew, Students with Deaf.