ABSTRAK
Rochmah,
Nur Hidayatur. 2019. Pengembangan Buku
Guru dan Buku Siswa Fisika pada Materi Fluida Statis dengan Inkuiri Terbimbing
untuk Melatihkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA. Tesis, Program
Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (I) Dr. Soetjipto, M.S., dan (II) Prof. Dr. Suyatno, M.Si.
Kata-kata Kunci: Buku guru, buku siswa, inkuiri
terbimbing, keterampilan berfikir kritis.
Penelitian ini didasarkan pada
keterampilan berpikir kritis siswa SMA yang masih rendah, sedangkan tujuan
pendidikan itu sendiri, antara lain, adalah untuk membekali siswa untuk
berpikir kritis. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan buku guru
dan buku siswa fisika dengan model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan
berpikir kritis siswa SMA, yang bertujuan untuk: 1) menghasilkan buku guru dan buku
siswa fisika, 2) menggambarkan kepraktisan dalam pembelajaran dan 3)
menggambarkan keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran.
Penelitian ini dikembangkan dengan model 4-D yang diujikan kepada 15 siswa MAN 2
Gresik Kelas XI dengan One Group Pretest -Posttest Design . Pengumpulan data menggunakan
observasi, tes, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1)
Validitas alat pembelajaran dievaluasi dari: (a) Hasil validasi Buku Siswa
sebesar 3,81 (reabilitas 98,7%), (b) Hasil validasi Buku Guru sebesar 3,79
(reabilitas 97,6%). 2) Kepraktisan dinyatakan baik dari: (a) (b) Keterbacaan Buku Siswa (83,33%) dan lembar
kerja siswa (88,89%) dikategorikan sebagai mudah dipahami (2) Kepraktisan perangkat
pembelajaran dikategorikan sangat baik dari: (a) keterlaksanaan RPP
dikategorikan sangat baik (94,75%), (b) Keterbacaan buku siswa memiliki nilai
yang tinggi (88,89%), (c) Kendala yang dialami yaitu siswa belum terbiasa
dengan pembelajaran yang melatihkan keterampilan berfikir kritis (3)
Efektivitas perangkat pembelajaran dievaluasi dari: (a) hasil tes kognitif
produk dan keterampilan berfikir kritis secara klasikal tuntas 100% (b)
aktivifitas siswa sesuai dengan tahap-tahap pembelajaran dan (c) respon siswa
secara keseluruhan baik. Temuan ini memberi tahu kami bahwa perangkat ini
valid, praktis, dan efektif untuk melatih keterampilan berfikir kritis siswa SMA.