FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN PEMILIHAN KARIR SEBAGAI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI
THE FACTORS THAT DETERMINE THE CAREER SELECTION AS A TEACHER IN GEOGRAPHY EDUCATION STUDENTS
Salah satu elemen penting dalam dunia pendidikan adalah guru. Guru mempunyai peran penting dalam proses belajar mengajar karena berhadapan langsung dengan peserta didik. Mahasiswa pendidikan geografi setelah lulus akan dihadapkan dengan pilihan karir sebagai guru atau pekerjaan lainnya yang sesuai dengan minat dan keinginannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan pemilihan karir guru pada mahasiswa pendidikan geografi.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yakni mahasiswa angkatan 2020 dan Fresh Graduate Prodi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa Google Form. Teknik analisis data menggunakan persentase serta menggunakan skala likert.
Hasil penelitian ini menunjukkan minat terhadap profesi guru tergolong ke dalam kategori sedang dengan persentase 78%. Faktor yang memperoleh hasil persentase terbesar adalah faktor persepsi yakni 28.17% dari mahasiswa aktif dan 29.17% dari Fresh Graduate. Faktor yang memperoleh persentase paling rendah adalah faktor bakat yakni sebesar 8.07% dari mahasiswa dan 8.28% dari Fresh Graduate. Meskipun persepsi atau pandangan terhadap kesejahteraan guru terbilang kurang, akan tetapi faktor persepsi memperoleh persentase terbanyak karena mahasiswa senang dengan profesi guru yang dimana profesi sebagai guru merupakan profesi atau pekerjaan yang mulia.
Kata Kunci: Pendidikan, Karir, Guru, Mahasiswa
One of the important elements in education sector is the teacher. Teachers have significant roles in the learning process because directly connected with students. Geography education students after graduating will be faced with career choices as teacher or other jobs in accordance with their interests dan desires. The purpose of this research is to find the factors that determine the career selection as a teacher in geography education students.
This type of research is descriptive quantitative. Sampling used a saturation sampling technique, namely students from the class of 2020 and fresh graduates from the S1 Geography Education Study Program, State University of Surabaya. The data collection technique uses a questionnaire in the form of Google Form. Data analysis techniques using percentage and use a Likert scale.
The results of this study indicate that interest in the teaching profession is classified into the medium category with a percentage of 78%. The factor that obtained the largest percentage result was the perception factor, namely 28.17% of active students and 29.17% of Fresh Graduates. The factor that gets the lowest percentage is the talent factor, which is 8.07% of students and 8.28% of Fresh Graduates. Even though the perception or view of the teacher’s well-being lacks, but perception factor gets the highest percentage because students are happy with the teaching profession, where the teaching profession is a noble profession.
Keywords: Education, Career, Teacher, Student