Penerapan Strategi Umpan Balik Teman dalam Pengajaran Menulis Teks Recount
The Implementation of Peer Feedback Strategy in Teaching Writing Recount Text
Umpan balik teman adalah strategi yang dapat digunakan oleh guru ketika melakukan pengajaran menulis. Prosedur strategi ini memungkinkan siswa untuk bekerja secara kooperatif di dengan teman. Siswa juga dapat memberikan komentar pada tulisan teman sekelas mereka sehingga medapatkan hasil tulisan yang lebih berkualitas. Namun, ada beberapa masalah dihadapi oleh siswa dalam memberikan umpan balik, seperti kurangnya pemhaman tentang grammar, terbatasnya kosakata bahasa inggris untuk memberikan feedback dan sulitnya memahami instruksi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan strategi umpan balik teman dalam mengajar menulis teks Recount. Subjek penelitian ini adalah guru kelas X SMK Negeri 1 Driyorejo, Gresik. Instrumen penelitian adalah catatan lapangan dan wawancara. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah dalam menerapkan strategi umpan balik teman dalam mengajar menulis teks Recount adalah (1) Tahap sebelum umpan balik tekan termasuk brainstoming, memperkenalkan umpan balik teman dalam menulis, menulis draf, dan melatih proses umpan balik teman, (2) Tahap pelaksanaan umpan balik teman di mana siswa memulai umpan balik dengan teman mereka dan guru memantau dan juga membantu siswa saat melakukan proses umpan balik teman (3) Tahap setelah umpan balik teman berdasarkan umpan balik rekan mereka. Selanjutnya, masalah dalam menerapkan strategi umpan balik teman dalam mengajar menulis teks Recount adalah karakteristik siswa, membuat kelompok umpan balik teman yang efektif, dan menyiapkan bagian pelatihan sebagai pedoman strategi umpan balik teman.
Kata Kunci: umpan balik, mengajar menulis, teks recount.
Peer feedback could be a strategy that can be implemented by the teachers, especially in teaching writing. The steps of peer feedback strategy enable students to finish their assignments with their peers. They can contribute to their peers’ drafts for a better final draft. However, some problems were faced by students in giving feedback such as lack of grammatical knowledge, have limited English vocabularies to give feedback and difficult to understand the instruction. This study is conducted through qualitative design to describe the implementation of peer feedback strategy in teaching Recount text. The subject of this study is a teacher of tenth graders of Vocational High School 1 Driyorejo, Gresik. The research instruments are field notes and interviews. Moreover, the result appears that the steps in actualizing peer feedback strategy in teaching writing Recount text are (1) Pre-peer feedback included brainstorming, introducing peer feedback in writing, writing a draft, and training the peer feedback process (2) While-peer feedback where students begin their peer feedback while the teacher monitors and helps students while doing peer feedback process (3) Post-peer feedback where students get their draft and proceed to reexamine their draft based on their peer criticism. Furthermore, the problems in executing peer feedback strategy in educating writing Recount text are students’ characteristics, creating active peer feedback groups, and setting up the training section as the guidance of peer feedback strategy.
Keywords: peer feedback, teaching writing, recount text.