PKBM Budi Utama adalah salah satu PKBM terbaik di Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengelolaan PKBM dan memberikan gambaran mendalam tentang pengalaman PKBM di fasilitas komunitas belajar sepanjang hayat. Manajemen adalah suatu kegiatan manajerial yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan di PKBM Budi Utama Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: studi dokumentasi, wawancara langsung dan online serta observasi. Subjek penelitian adalah pengelola, tutor, dan warga belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini perlu dilakukan dengan mengembangkan sistem dalam proses pembelajaran kepada masyarakat dan meningkatkan kemampuan pengelola PKBM untuk menghasilkan proses pembelajaran yang lebih berkualitas.
Budi Utama Community Learning Center is one of the best Community Learning Center’s in Surabaya. The purpose of this research is to find out the management process of Community Learning Center and provide an in-depth overview of Community Learning Center's experience in facilities lifelong learning communities. Management is a managerial activity which includes planning, organizing, actuating, and controlling conducted at the Budi Utama Community Learning Center in Surabaya. This research is a qualitative study using descriptive methods. Data collection techniques used in this study consist of: documentation study, direct and online interviews and observation. The subjects of the research were managers, tutors, and residents studying Budi Utama. The data analysis techniques of this study are data collection, data condensation, display data, and conclusion drawing. The conclusion of the research is need to be done by developing systems in the learning process to the community and increasing the ability of Community Learning Center managers to produce a higher quality learning process.