Strategi Guru PPKn dalam Pelaksanaan Penguatan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Kelas X MAN 2 Lamongan
Strategy Civics Teacher In Implementation Of Strengthening Dicipline Character In Class X MAN 2 Lamongan
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru PPKn dalam penguatan karakter disiplin dan kendala yang dihadapi beserta solusi yang ditawarkan untuk penguatan karakter disiplin pada peserta didik kelas X MAN 2 Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori Pendidikan Karakter yang dikemukakan Thomas Lickona. Informan penelitian ini berjumlah dua orang dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu dua guru PPKn. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada beberapa strategi yang dilakukan oleh guru PPKn dalam penguatan karakter disiplin pada peserta didik kelas X dalam perencanaan yaitu penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam pelaksanaan penguatan karakter disiplin sesuai yang ada di Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sebelumnya sudah dirancang. diantaranya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Selain itu, guru membuat kontrak belajar dalam pembelajaran, pembiasaan guru dengan memberikan contoh yang baik, peserta didik dapat berperilaku sopan, disiplin dan berpakaian yang rapi, serta pemberian reward kepada peserta didik yang berupa nilai atau poin dan kata-kata pujian. Kendala yang dialami oleh guru PPKn dalam penguatan karakter disiplin yaitu kurangnya kesadaran diri peserta didik dan pengaruh dari lingkungan masyarakat yang kurang baik. Solusi untuk mengatasi kendala penguatan karakter disiplin yaitu memberikan nasihat dan memberikan punishment berupa hafalan surah pendek juz 30 dan Pancasila.
This study aims to describe the strategies used by PPKn teachers in strengthening the character of discipline and the obstacles faced along with the solutions offered to strengthen the character of discipline in class X students of MAN 2 Lamongan. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. This study uses the theory of Character Education proposed by Thomas Lickona. The informants of this study were two people selected using purposive sampling technique, namely two PPKn teachers. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation, then analyzed with the stages of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of the study, it can be concluded that there are several strategies carried out by Civics teachers in strengthening the discipline character of class X students in planning, namely the preparation of the Learning Implementation Plan (RPP). In the implementation of strengthening the character of discipline according to the Learning Implementation Plan (RPP), which was previously designed. These include preliminary activities, core activities, and closing activities. In addition, teachers make learning contracts in learning, habituation of teachers by giving good examples, students can behave politely, be disciplined and dress neatly, and give rewards to students in the form of grades or points and words of praise. Constraints experienced by Civics teachers in strengthening the character of discipline are the lack of self-awareness of students and the influence of the unfavorable community environment. The solution to overcome the obstacles to strengthening the character of discipline is to provide advice and provide punishment in the form of memorizing short chapters of chapter 30 and Pancasila.