Implementasi Penilaian Berbasis Portofolio Di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang
ABSTRAK
Lopo, Retno. 2020. Implementasi Penilaian Berbasis Portofolio Di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (I) Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd, (II) Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons
Kata kunci: Penilaian, Portofolio, Anak Usia Dini
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi implementasi/penerapan penilaian berbasis portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan analisis data menggunakan analisis naratif kualitatif. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Evaluation Model) yang dikembangkan oleh Stuefflebeam. CIPP ini terdiri dari empat komponen, yakni: Evaluasi konteks (Context Evaluation), Evaluasi Input (Input Evaluation), Evaluasi Proses (Process Evaluation) Evaluasi Produk (Product Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik dan orang tua di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan penilaian berbasis portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang meliputi empat hal, yaitu (1) Konteks: penilaian yang dilakukan sesuai dengan pedoman penilaian PAUD Permendikbud RI No 146 Tahun 2014, (2) Input: Masukan dalam penelitian ini, adalah latar belakang pendidik dan peran guru pada penilaian portofolio mendukung, (3) Proses pelaksanaan penilaian berbasis portofolio cukup sesuia dengan langkah-langkah penilaian portofolio menurut Supranata dan Hatta, (4) Produk atau hasil penilaian berbasis portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang terlihat ketika kepala sekolah dan para pendidik PAUD Laismanekat Nasipanaf melakukan evaluasi meskipun belum optimal dengan mengadakan pertemuan (rapat) internal setiap hari Jumat untuk membahas seluruh perkembangan belajar anak dan factor-faktor yang dialami para pendidik dalam melakukan penialain berbasis portofolio serta Kepala sekolah PAUD Laismanekat Nasipanaf mengadakan pertemuan (rapat) dengan para orang tua setiap akhir bulan dan juga akhir semester untuk membahas seluruh perkembangan belajar anak. Respon orang tua terhadap hasil penilaian berbasis portofolio sangat positif dan sebagian besar orangtua cukup pro-aktif dengan inisiatifnya sendiri berkonsultasi/sharing dengan guru mengenai perkembangan anaknya. Kesimpulan dari keseluruhan evaluasi implementasi penilaian berbasis portofolio sudah cukup baik namun masih diperlukan pembenahan dalam penggunaan pedoman penilaian yang ada.
ABSTRACT
Lopo, Retno. 2020. Implementation of Portfolio Based Assessment in PAUD Laismanekat Nasipanaf Taebenu District, Kupang Regency. Thesis Basic Education Study Program PAUD Concentration. Postgraduate of Surabaya State University. Supervisor: (I) Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd, (II) Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons
Keywords : Assessment, Portfolios, Early Childhood.
This study aims to describe and evaluate the implementation / application of portfolio-based assessment in PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang. This type of research is an evaluation research with data analysis using narrative qualitative analysis. This study uses the CIPP Evaluation Model research model developed by Stuefflebeam. CIPP is comprised of four components, namely: Evaluation context ( Context Evaluation), Evaluation Input (Input Evaluation), Evaluation Process (Process Evaluation) Product Evaluation (Product Evaluation) . Data collection is done by using interviews, observation and documentation. The subjects of this study were the principal, educators and parents at the Laismanekat Nasipanaf PAUD Kupang. Based on the results of data analysis, it can be concluded that in the application of portfolio-based assessment in PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang includes four things, namely (1) Context: assessment conducted in accordance with the guidelines for PAUD Permendikbud RI assessment No. 146 of 2014, (2) Input: Input in This research, is the background of educators and the role of teachers in supporting portfolio assessment, (3) The process of implementing portfolio-based assessment in accordance with the steps of portfolio assessment according to Supranata and Hatta, (4) The product or results in the form of portfolio-based assessment in PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang seen when the principal and PAUD educators Laismanekat Nasipanaf conducted an evaluation even though it was not optimal with hold a meeting (meeting) with parents at the end of each month and also at the end of the semester to discuss the entire development of children's learning and the factors experienced by educators in doing portfolio-based assessment and parental responses to the results of portfolio-based assessment is very positive and most parents quite pro-active with his own initiative to consult / share with teachers about their children's development. The conclusion from the overall evaluation of the implementation of portfolio-based assessment is quite good, but improvements are still needed in the use of existing assessment guidelines.