PERBEDAAN STRATEGI REGULASI EMOSI PADA ATLET MAHASISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
DIFFERENCES IN EMOTIONAL REGULATION STRATEGIES IN STUDENT ATHLETES REVIEWING FROM GENDER
Strategi regulasi emosi merupakan salah satu faktor penting untuk atlet mahasiswa dalam mengatasi kesulitan dan tantangan yang muncul saat pertandingan maupan latihan. Antara laki-laki dan perempuan terdapat perbedaan karakteristik yang diduga dapat mempengaruhi aspek psikologi, sehingga perbedaan ini akan berdampak kepada strategi regulasi emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan strategi regulasi emosi yang dimiliki atlet mahasiswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian dengan sample jenuh, yakni semua populasi digunakan dalam penelitian. Jumlah sample 772 orang atlet mahasiwa dengan atlet laki-laki sejumlah 415 dan perempuan 357 serta rentang usia 18-23 tahun yang terdiri dari cabang olahraga akurasi, beladiri, dan permainan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument skala startegi regulasi emosi yang telah diadaptasi dan disusun berdasarkan teori Gross dan Thompson. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan Mann Whitney test. Hasil pada penelitian ini menunjukkan nilai nilai signifikansinya 0,834 > 0,05 sehingga maknanya tidak ada perbedaan signifikan atara regulasi emosi atlet mahasiswa laki-laki dengan regulasi emosi atlet mahasiswa perempuan. Adanya kesamaan tingkat strategi regulasi emosi atlet mahasiswa laki-laki dan perempuan bisa disebabkan karena kesamaan kondisi dan karakteristik pada faktor-faktor lain yang mungkin lebih kuat pengaruhnya terhadap strategi regulasi emosi seperti faktor budaya, pola asuh, rentang usia, dan lain sebagainya.
Emotion regulation strategies is one of the important factors for student athletes in competitions and training. Between men and women there are differences that are thought to affect psychological aspects, these differences will have an impact on the emotion regulation strategies. This research aims to determine the differences in emotion regulation strategies owned by male and female student athletes. This research is using quantitative methods. This research uses saturated sample, in which all the population is used in the study. The number of samples is 772 student athletes with 415 male and 357 female with an age range is 18-23 years consisting of accuracy sports, martial arts, and games. Data collecting using scale instrument of emotion regulation strategy based on Gross and Thompson's theory. Data analysis technique using the Mann Whitney test. The results show indicate a significance value is 0.834 > 0.05 so it mean is no significant difference between the emotion regulation strategies of male and female the emotional regulation. Similarity in the level of emotion regulation strategies of male and female student athletes could be due to the similarity of conditions and characteristics on other factors such as cultural factors, parenting patterns, age range, etc.