Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu perangkat pembelajaran yaitu Lembar Kerja Siswa dengan model problem solving pada materi tekanan yang telah memenuhi kelayakan secara teoritis maupun empiris, yaitu kelayakan dalam kevalidan, kepraktisan dan keefektifan untuk melatihkan penalaran siswa pada materi tekanan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE. LKS yang dikembangkan menerapkan tiga submateri tekanan pada zat cair, yaitu tekanan hidrostatis, hukum pascal dan hukum archimedes. Hasil validasi LKS menunjukkan bahwa setiap aspek yang dinilai berkategori sangat baik. Analisis kepraktisan yang dilihat melalui skor keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan modus setiap pertemuan dengan kategori sangat baik, analisis aktivitas siswa menunjukkan bahwa siswa telah melakukan kegiatan dengan baik dengan rata-rata aktivitas sebesar 85%, dan respon siswa menujukkan modus berkategori sangat baik. Adapun keefektifan dalam melatihkan penalaran siswa dilihat melalui peningkatan n-gain setiap siswa dan setiap indikator penalaran. Terdapat dua indikator penalaran yang mengalami peningkatan n-gain berkategori sedang, dan dua indikator lainnya berkategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKS dengan model problem solving untuk melatihkan penalaran siswa pada materi Tekanan sudah memenuhi kelayakan valid, praktis dan efektif.
Kata Kunci : LKS, Problem Solving, dan Penalaran.
This study aims to develop a learning device that is Student Worksheets with a problem solving model on pressure material that fullfill the theoretical and empirical feasibility, there is a validity, practicality and effectiveness to train student’s reasoning on pressure material. This development research study refers to the ADDIE model. The developed of worksheet consist of three pressure's submeterial on liquids, there are hydrostatic pressure, pascal law and archimedes law. The results of worksheet validation show that every aspect is considered categorize very good. Practical analysis was seen through the learning implementation score shows the mode of each meeting with a very good category, analysis of student activities shows that students have done activities well with an average activity of 85%, and students' responses show a very good category. The effectiveness in training student’s reasoning is seen through increasing n-gain each student and every indicator of reasoning. There are two indicators of reasoning that experience increase in the medium category, and two other indicators in the high category. The conclusion of this study is worksheet with a problem solving model to train student’s reasoning in the pressure material has fulfilled valid, practical and effective feasibility.
Keywords: Student’s Worksheet, Problem Solving, Pressure