Evaluasi Keefektifan Pelaksanaan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Guru Pada LPMP Provinsi Sulawesi Barat.
ABSTRAK
Sulistianingtyas Anatalia, Dian. 2021. Evaluasi Keefektifan Pelaksanaan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Guru Pada LPMP Provinsi Sulawesi Barat. Pembimbing : (I) Dr. Andi Mariono, M.Pd, dan (II) Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd.
Kata-kata kunci : evaluasi keefektifan, pelatihan pembuatan media, model CIPP
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan nilai sejauhmana keefektifan pelaksanaan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis TIK untuk guru, mulai dari tujuan penyelenggaraan pelatihan, materi yang disampaikan, kinerja instruktur dan penyelenggara, serta hasil dari pelatihan teserbut.
Penelitian evaluasi ini menggunakan model evaluasi CIPP dari Stuffelbeam dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan adalah kuisioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pesera, instruktur dan penyelenggara pelatihan dengan obyek penelitian dokumentasi penyelanggaraan pelatihan pembuatan media berbasis TIK, kinerja Instruktur, dan hasil karya serta laporan pengimbasan dari peserta pelatihan.
Berdasarkan hasil penelitian evaluasi keefektifan pelaksanaan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis TIK untuk guru pada LPMP Sulawesi Barat dapat disimpulkan (1) Aspek Konteks adalah adanya kesuaian tujuan dari dilaksanakannya program pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis TIK dengan Visi, Misi Tupoksi LPMP Sulawesi Barat. Sebagai aspek masukan yang dipersiapkan oleh penyelenggara adalah menyediakan Instuktur yang berkompeten, materi pembelajaran yang menarik. Penyelenggara dan panitia menyiapkan sarana dan prasarana yang baik untuk menunjang keterlaksanaan pelatihan ini. Sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Pengembangan milik Pusdiklat Kemendikbud, pelayanan pelatihan dinilai sangat efektif diangka 93% dan dinyatakan cukup efektif di angka 7%. (3) Pada aspek proses, peserta pelatihan menilai bahwa kinerja Instruktur pelatihan sangat efektif, sebanyak 95% responden memberi penilaian efektif dan sisanya 5% memberikan penilaian baik sekali untuk kinerja Instruktur. (4) Aspek Produk, keberhasilan dari pelaksanaan pelatihan ini juga dapat kita lihat pada akhir pelaksanaan kegiatan, karena ada penugasan pembuatan karya dan pengimbasan bagi guru peserta pelatihan. Persentase guru yang dapat memenuhi syarat penugasan adalah untuk karya video ada 95% atau sekitar 40 orang guru dari total 42 orang peserta, sedangkan untuk pengimbasan terdapat 39 guru yang menyerahkan laporan pengimbasan atau sekitar 93%.
Jika dilihat secara garis besar tiap aspek konteks, masukan, proses dan input dapat kita simpulkan bahwa penyelenggaraan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis TIK (produksi video pembelajaran) untuk guru pada LPMP Sulawesi Barat berjalan dengan efektif.
ABSTRACT
Sulistianingtyas Anatalia, Dian. 2021. Evaluation of the Effectiveness of the Implementation of Training on Making ICT-Based Learning Media for Teachers at the LPMP of West Sulawesi Province. Supervisor : (I) Dr. Andi Mariono, M.Pd, and (II) Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd.
Keywords: effectiveness evaluation, media creation training, CIPP model
This study aims to assess the effectiveness of the implementation of training in making ICT-based learning media for teachers, starting from the objectives of the training, the material presented, the performance of the instructors and organizers, and the results of the training.
This evaluation research uses the CIPP evaluation model from Stuffelbeam with quantitative and qualitative approaches. The method used is a questionnaire, observation, interviews and documentation. The subjects of this research are participants, instructors and training providers with the object of research being documentation of the implementation of ICT-based media creation training, instructor performance, and the results of the work and impact reports from training participants.
Based on the results of the research evaluation of the effectiveness of the implementation of training in making ICT-based learning media for teachers at the LPMP West Sulawesi, it can be concluded (1) the Context Aspect is the suitability of the objectives of the implementation of the training program for making ICT-based learning media with the Vision and Mission of the LPMP West Sulawesi. As an input aspect prepared by the organizers is to provide competent instructors, interesting learning materials. Organizers and committees prepare good facilities and infrastructure to support the implementation of this training. In accordance with the Guidelines for the Implementation of Development Training owned by the Education and Training Center of the Ministry of Education and Culture, training services are considered very effective at 93% and quite effective at 7%. (3) In the process aspect, the trainees assessed that the performance of the training instructor was very effective, 95% of respondents gave an effective assessment and the remaining 5% gave a very good assessment of the instructor's performance. (4) Product aspect, we can also see the success of the implementation of this training at the end of the activity, because there is an assignment for making works and incentives for the trainee teachers. The percentage of teachers who can fulfill the assignment requirements is 95% for video work or about 40 teachers from a total of 42 participants, while for impacting there are 39 teachers who submit impact reports or around 93%.
If we look at the outline of each aspect of the context, input, process and input, we can conclude that the implementation of training on making ICT-based learning media (production of learning videos) for teachers at the West Sulawesi LPMP is running effectively.