ABSTRAK
Yunita, Ratna Nurma. 2022. Pengembangan Lembar Kegiatan
Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Batik Bojonegoro Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah IPS Kelas IV Sekolah Dasar . Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri
Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Mustaji, M. Pd., dan (2) Dr. Rr. Nanik
Setyowati, M. Si.
Kata-kata Kunci: LKPD,
Kearifan lokal, Batik Bojonegoro.
Penelitian
ini bertujuan untuk: (1) menguji kelayakan LKPD berbasis kearifan lokal batik
Bojonegoro untuk peserta didik kelas IV di SD Negeri Grebegan Bojonegoro, (2)
menguji kepraktisan LKPD berbasis kearifan lokal batik Bojonegoro sebagai penunjang materi indahnya keragaman di
negeriku pada tema 7 kelas IV SD, (3)
menguji keefektifan LKPD berbasis kearifa n lokal batik Bojonegoro untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kreatif pada tema 7 kelas IV SD , (4) menguji keefektifan LKPD berbasis kearifa n lokal batik Bojonegoro untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah pada tema 7 kelas IV SD .
Penelitian
pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model ADDIE. Subyek penelitain
adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Grebegan
dengan jumlah 28 anak. Desain penelitian
ini menggunakan One-Shot
Case Study untuk mengukur kemampuan
berpikir kreatif dan One-GrupPretest-Posttest
untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah.
Hasil penelitian ini
menunjukkan (1) bahwa perangkat pembelajaran berupa silabus memperoleh hasil
validasi sebesar 85,71% dan masuk kategori “sangat layak” dengan maksud sangat
layak untuk digunakan. Untuk perangkat pembelajaran berupa Rancangan
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mendapat hasil validasi sebesar 83,33%, sehingga
masuk kelayakan kategori “sangat layak”, dengan maksud sangat layak untuk
digunakan. Berdasarkan hasil validasi materi terhadap isi materi LKPD berbasis
kearifan lokal batik Bojonegoro mendapat penilaian sebesar 83,33%, dan masuk
dalam kategori “sangat layak” maka dapat diartikan bahwa materi yang tercakup
dalam soal pretest dan posttest dalam LKPD dinyatakan telah
mencakup syarat kelayakan untuk diujikan kepada peserta didik. (2) terdapat
peningkatan kelas sebesar 0,52 %, menurut klasifikasi tabel GScore terlihat ada peningkatan dengan
rentang sedang nilai dari pretest dan
nilai post test, ini dikarenakan ada
beberapa anak yang tidak mengalami peningkatan nilai postest serta adapula nilai yang peningkatannya tinggi. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media LKPD berbasis
kearifan lokal batik Bojonegoro menunjukkan peningkatan hasil belajar pada
peserta didik.