Keefektifan Chemistry Tricky Test Game pada Pembelajaran Online ketika Pandemi Covid-19
The Effectiveness of Chemistry Tricky Test Game in Online Learning when Covid-19 Pandemic
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kimia pada hidrokarbon dengan menggunakan Chemistry Tricky Test Game ketika Covid-19 berdasarkan ketuntasan hasil belajar. Ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan pre-eksperimental menggunakan one group pretest dan posttest design. Chemistry Tricky Test Game diimplementasikan sebagai media pembelajaran melalui online. Media ini diberikan sebelum peserta didik menerjakan pretest, setelah menggunakan media peserta didik dapat mengerjakan posttest. Sampel dari penelitian ini yaitu 25 siswa di kelas XII di SMA Terpadu Bojonegoro dipilih secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan angket respon peserta didik. Hasilnya peseta didik merespon dengan sangat baik mencapai 98,7% setuju bahwa media sesuai untuk pembelajaran, memiliki perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest, ketuntasan klasikal setelah menggunakan media ini mencapai 100%. Kesimpulannya adalah Chemistry Tricky Test Game dapat secara efektif meningkatkan kegiatan pembelajaran di SMA Terpadu Bojonegoro secara online learning.
Kata Kunci: Permainan, ketuntasan klasikal, hasil belajar, kimia, keefektifan
This study is purposed to determine the effectiveness of learning chemistry on Hydrocarbon by using Chemistry Tricky Test Game when Covid-19 based on completeness of learning outcomes. This is a quantitative research. The research method used pre-experimental using one group pretest and posttest design. Chemistry Tricky Test game is implemented as a learning media through online. It’s given before students take on pretest, after using media students can do posttest. The sample’s 25 students on XII grade in Bojonegoro Integrated High School chosen by cluster random sampling. The instrument used multiple choice for pretest and posttest also response questionnaire. The result media’s responded very well reaches 98.7% students agreed that media is appropriate for learning, there is a significant difference between pretest and posttest, classical completeness after using this media reaches 100%. The conclusion is chemistry tricky test games can effectively improve learning completeness in Bojonegoro Integrated High School.
Keywords: Game, Classical completeness, learning outcomes, Chemistry, Effectivenes