ABSTRAK
Nuriawati, Irma.
2020. Pengembangan Model Permainan Target
Games Berbasis Goal Orientation (Mastery dan Performance) terhadap Hasil
Belajar Materi Bola Besar pada Siswa Kelas VII SMP dalam Pembelajaran
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan . Tesis , Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana
Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Drs.
Suroto, M.A., Ph.D., dan (II) Dr. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.
Kata-kata
Kunci :
target games, goal orientation, hasil
belajar, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Pertama.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran PJOK dalam materi
pembelajaran bola besar melalui permainan target games yang diadopsi
dari Play Sport Ophea dengan berbasis goal orientation (performance
dan mastery ) pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tulangan, Sidoarjo.
Digunakan
pendekatan deskriptif kuantitatif pada model pengembangan Borg dan Gall yang
menggunakan langkah ke satuhingga ke tujuh. Pelaksanaan pembelajaran dalam
ujicoba tahap I pada kelompok kecil menggunakan desain one shot case study design, sedangkan untuk ujicoba tahap II pada
kelompok besar menggunakan one group
pretest-posttest design . Teknik random sampling digunakan untuk memilih
kelas pembelajar materi bola besar (sepakbola, bola basket, dan bolavoli) yang
berbasis goal orientation berdasarkan
angket task and ego orientation in sport
questionnaire (TEOSQ). Efektivitas pembelajaran diukur melalui angket formative class evaluation (FCE).
Penilaian hasil belajar siswa meliputi dua aspek yaitu komponen pengetahuan
dikur menggunakan tes tulis materi bola besar dan komponen keterampilan yang
diukur menggunakan tes shooting sepakbola,
tes shooting bola basket, dan tes servis bolavoli. Analisis data
menggunakan empat jenis yaitu deskriptif, uji prasyarat Kolmogorov-Smirnov , Wilcoxon, dan Uji T. Hasil analisis efektivitas
pembelajaran: dilihat dari sudut pandang siswa, secara keseluruhan model
permainan target games berbasis goal
orientation menunjukkan kategori baik hingga baik sekali. Hasil analisis nilai
pengetahuan untuk sepakbola 77,9%, bola basket 85,1%, dan bolavoli 56,1%. Hasil
analisis nilai keterampilan gerak untuk sepakbola 29,2%, bola basket 53,2%, dan
bolavoli 68,4%.
Simpulan: terdapat pengaruh yang signifikan
model permainan target games berbasis
goal orientation (mastery dan performance ) terhadap hasil belajar meliputi pengetahuan untuk
sepakbola 77,9%, bola basket 85,1%, dan bolavoli 56,1%. keterampilan gerak untuk
sepakbola 29,2%, bola basket 53,2%, dan bolavoli 68,4%.