PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ORSAEV UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MITIGASI BENCANA TSUNAMI PADA SISWA SMP
DEVELOPMENT OF ORSAEV MODEL LEARNING TOOLS TO IMPROVE TSUNAMI DISASTER MITIGATION SKILLS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
ABSTRAK
Sapitri Rahayu, 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model OrSAEv untuk Meningkatkan Keterampilan Mitigasi Tsunami Pada Siswa SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Madlazim, M.Si, (2) Prof. Tjipto Prastowo, Ph.D.
Kata-kata Kunci: Model Pembelajaran OrSAEv, Keterampilan Mitigasi Bencana, Tsunami
Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat dengan model pembelajaran
OrSAEv yang layak ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk meningkatkan keterampilan mitigasi bencana tsunami. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Uji coba luas dilakukan di tiga kelas yaitu kelas VII-B VII-C dan VII-D. Tahap implementasi dilakukan di SMP Negeri 2 Besuki dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data berupa observasi, lembar tes dan angket, serta selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori Sangat Valid; penilaian keterlaksanaan pembelajaran memiliki kategori Sangat Baik; penilaian aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran memiliki kategori Sangat Baik; skor peningkatan keterampilan mitigasi bencana tsunami peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran OrSAEv dengan kategori Sedang; sebagian peserta didik memberikan repons positif terhadap komponen pembelajaran dan menunjukkan minat yang baik untuk mengulangi pembelajaran
dengan model pembelajaran OrSAEv.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan mitigasi bencana tsunami peserta didik dengan pengaturan waktu dan teknis yang lebih baik dari guru.
ABSTRACT
Sapitri Rahayu, 2020. Development of OrSAEv Model Learning Materials to Improve the Skills of Tsunami Disaster Mitigation for Junior High School Students. Comprehensive Papers. Science Education Program, Graduate program, State University of Surabaya. Adviser: (1) Prof. Dr. Madlazim, M.Si, (2) Prof. Tjipto Prastowo, Ph.D.
Keywords: OrSAEv Learning Model, Skills of Disaster Mitigation, Tsunami
This study is aimed to produce a proper learning material using OrSAEv learning model that was reviewed for its validity, practicality, and effectiveness to improve the skills of tsunami disaster mitigation. This study used 4D development model using stages of Define, Design, Develop, and Disseminate. The implementation of learning material developed in this study used a one group pretest-posstest design. Extensive trials were carried out in three classes, namely class VII-B VII-C and VII-D. The implementation stage was carried out at Besuki 2 Public Junior High School using a one group pretest-postest design research design. Data collection techniques in the form of observations, test sheets and questionnaires, and then analyzed descriptively quantitative and qualitative.
The results of this study are as follows that: the majority of developed learning materials was categorized very valid; learning process assessment a very good category; learning student activity assessment was in a very good category too; the improved score of students’ disaster mitigation skills after implementation of OrSAEv learning model had medium category; the majority of students gave positive response to the learning component and showed good interest to repeat the learning activity using OrSAEv learning model.
Based on the analysis, it can be concluded that the developed learning materials is worth to use in order to improve students’ disaster mitigation skills with a well time management by teacher.