ABSTRAK
Iswahyuni, 2017. Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Tesis, prograsm Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Murtadlo, M.Pd., dan (II) Dr. Soedjarwo, M. Si.
Kata-kata kunci; Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, kinerja guru.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data deskripsi tentang efekstivitas kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di SDN Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini melihat hubungan antara variabel X1 dan varibel Y, hubungan antara variabel X2 dengan variabel Y dan variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y. Dimana variabel X1 adalah efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, dan X2 adalah budaya organisasi, serta Y adalah variabel kinerja guru. Sampel diambil dari guru PNS yang ada di sekolah dasar negeri yang ada di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan dengan jumlah sampel 59 orang dari 302 orang.
Hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS Versi 13. Teknik analisis ini digunakan sekaligus untuk menjawab permasalahan pertama sampai dengan ketiga dan untuk menguji hipotesis penelitian yang berbunyi: ada pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, ada pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru, dan ada pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru.
Dari hasil analisis dapat ditemukan bahwa (1) tidak ada pengaruh positif pada efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, dengan nilai signifikan α: 0,271 > α 0,05 maka dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga hipotesis pertama ditolak; (2) ada pengaruh antara budaya organisasi dengan kinerja guru dengan signifikan α 0,18 > α 0,05, maka dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, dan; (3) ada pengaruh antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru diperoleh nilai signifikansi (P) = 0,003. Taraf signifikan tersebut kurang dari 0,05 (5%) berarti signifikan.