Startegi Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Anak Autis di SLB Autis Harapan Bunda Surabaya
Teacher Communication Strategies in Learning Indonesian Language for Children with Autism in Harapan Bunda Autism Special School of Surabaya.
ABSTRAK
Sadubun, N. V. 2021. Startegi Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Anak Autis di SLB Autis Harapan Bunda Surabaya. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyatno, M.Pd., dan (II) Dr. Diding Wahyudin Rohaedi, M.Hum.
Kata Kunci : Strategi komunikasi, strategi komunikasi guru, komunikasi guru, pembelajaran bahasa anak autis, autis
Strategi komunikasi merupakan salah satu dari upaya yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Hal tersebut yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu strategi komunikasi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk anak autis di SLB Autis Harapan Bunda Surabaya. Penelitian ini meneliti bentuk strategi komunikasi guru, penyebab penggunaannya, fungsinya, dan dampak penggunaannya.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Fokus utama observasi ialah data berupa informasi strategi komunikasi yang digunakan oleh guru. Wawancara semi terstruktur menjadi teknik yang dipakai. Peneliti mengawali proses wawancara dengan pedoman wawancara, kemudian mengembangkan proses wawancara menjadi tidak tersruktur.
Metode analisis menggunakan metode Miles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan memverifikasi data. Data penelitian berfokus pada kata dan kalimat yang dihasilkan oleh guru. Juga melibatkan data tambahan dari keterangan-keterangan dari observasi, maupun wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk strategi komunikasi guru berupa strategi komunikasi verbal, dan strategi komunikasi nonverbal. Bentuk strategi komunikasi verbal guru berupa instruksi, repetisi, dan simplifikasi. Bentuk strategi komunikasi nonverbal meliputi ekspresi wajah, kontak mata, dan gesture. Faktor penyebab penggunaan komunikasi guru meliputi faktor tujuan penggunaan, faktor komunikan, dan faktor konteks. Fungsi strategi komunikasi guru meliputi menginformasikan, mempengaruhi, menghibur, dan mendidik. Dampak penggunaan strategi komunikasi ialah siswa memberi respon positif berupa pengucapan huruf dengan bunyi yang tepat, membaca isi bacaan sesuai arahan, mengucapkan kata sesuai pelafalan yang tepat, mengenal angka, dan mengenal anggota tubuh.
Secara teoretis hasil penelitian ini menjadi bahan tambahan teori strategi komunikasi guru, terkhususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk anak autis. Manfaat praktis dari hasil penelitian ini bukan hanya bagi guru, melainkan juga bagi peneliti, bagi praktisi, dan terlebih lagi bagi orang tua.
ABSTRACT
Sadubun, N. V. 2021. Teacher Communication Strategies in Learning Indonesian Language for Children with Autism in Harapan Bunda Autism Special School of Surabaya. Thesis. Indonesian Language and Literary Education Study program. The Pascasarjana Program. University of Surabaya. Advisers : (I) Prof. Dr. Suyatno, M. Pd., and (II) Dr. Diding Wahyudin Rohaedi, M. Hum.
Key Words : Teacher strategies communication, strategi communication, teacher’s communication, language learning for Children with Autism, autism.
Communicatin strategies is one of the efforts of teachers make in learning process in the classroom. That is what this research is all about, teacher communication strategy in Indonesia language learning for children with autism in Harapan Bunda Special School of Autism Surabaya. The study examined a form of teacher communication strategy, the causes of use, its function, and its effect.
Research uses a qualitative approach with descriptive study. The data collection is done through observation and interviews by observing the Indonesian learning process in class. Primary observation focus is data of an inflating communication strategy used by teacher. A semi-structured insight into the technique that researchers use to start the interview with a guiident of interviews and then develop the process of becoming unstructured.
Analysis method of this research using Miles and Huberman methods, include data reduction, data presentation, and verifying data. The data of this research is word and sentence of teacher. Also include supplementary data from information of observation, as well as interviews.
The result shown that form of teacher’s communication strategies are verbal and nonverbal. The verbal communication strategies such as instruction, repetition, and simplification. The nonverbal communication are face expression, eye contact, and gesture. The causes of use of teacher communication strategies is the aim of using, the comunican, and the context. The function of teacher communication strategies are to inform, to influence, to comfort, and to educate. The effect of using communication strategies is that students respond favorably to proper pronunciation of letters by reading the corresponding text, correct pronunciation of words, knowing numbers, knowing body members.
Theoretically of the results of this study become an additional ingredient in the strategy theory of teacher communication, especially in Indonesian language learning for autistic children. The practical benefit of this study is not just for a teachers but also for researchers, for practiciners, and as well as for parents.