SMPN 4 Sidoarjo merupakan salah satu sekolah inklusi yang terletak di Kabupaten Sidoarjo. Sekolah ini merupakan pelopor pertama yang ditunjuk oleh Kepala Dinas sebagai sekolah yang menerapkan pendidikan inklusif di Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2009. Sistem sekolah inklusi ini bekerja dengan menggabungkan siswa difabel dengan siswa non difabel dalam satu kelas dan lingkungan yang sama. Hal ini otomatis akan memunculakan praktik sosial antara siswa difabel dilingkungan sekolah inklusi. Praktik sosial tersebut berupa persaingan antara siswa difabel dalam memperebutkan posisi/keberadaan dirinya ditengah-tengan siswa nondifabel, sehingga diakui oleh siswa nondifabel. Penelitian yang dilaksanakan di SMPN 4 Sidoarjo ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik sosial antara siswa difabel dalam lingkungan sekolah. Jenis siswa difabel yang terdapat di sekolah ini bermacam-macam, sehingga dari keseluruhan siswa difabel menunjukkan praktik sosial yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan strukturalis genetik Pierre Bourdieu yaitu (Habitus X Modal) + Ranah = Praktik Sosial. Hasil penelitian Praktik Sosial Siswa Difabel di SMPN 4 Sidoarjo ini, terdapat dua kategori yang mengelompokkan setiap siswa difabel, dan kedua kategori ini terbentuk sesuai dengan sifat/karakter dari siswa difabel, yang didukung oleh habitusserta modal yang dimilki oleh siswa difabel.Dua kategori tersebut ialah kategori siswa difabel ekstrovertdan kategori siswa difabel introvert. Kedua kategori tersebut dibentuk sesuai dengan praktik yang dilakukan oleh siswa difabel pada lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Siswa Difabel, Siswa Non Difabel, Praktik Sosial
SMPN 4 Sidoarjo is one of the inclusive schools located in Sidoarjo Regency. This school was the first pioneer appointed by the Head of Service as a school that implemented inclusive education in Sidoarjo Regency in 2009. This inclusive school system works by combining disabled students with non-disabled students in the same class and environment. This will automatically emerge social practices between disabled students in the inclusive school environment. The social practice is in the form of competition between students with disabilities in fighting over their position / existence amidst non-disabled students, so that they are recognized by non-disabled students. The research conducted at Sidoarjo 4 Public Middle School was aimed at describing social practices between students with disabilities in the school environment. The types of students with disabilities found in this school vary, so that all of the disabled students showed different social practices. The method used in this study is a qualitative approach using Pierre Bourdieu's genetic structuralist namely (Habitus X Capital) + Domain = Social Practice. The results of the Social Practice Study of Students with Disabilities in Sidoarjo 4th Middle School, there are two categories that classify each diffable student, and both of these categories are formed according to the nature / character of disabled students, which are supported by habitus and capital owned by disabled students. the category of extroverted disabled students and the category of introverted disabled students. Both categories are formed in accordance with the practices carried out by students with disabilities in the school environment.
Keywords: Disabled Students, Non-Disabled Students, Social Practice