PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI UPT SKB CERME KAB. GRESIK
Pandemi Covid-19 memiliki dampak besar pada banyak pihak, terutama pada dunia pendidikan. Pemerintah membuat kebijakan pada semua lembaga pendidikan dengan pelaksanaan pembelajaran daring guna mengurangi penularan dan penyebaran Covid-19. Tujuan dari penelitiaan ini yaitu mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring pada pendidikan kesetaraan paket C di UPT SKB Cerme Kab. Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini menggunakan angket tertutup berupa pernyataan dan angket terbuka melalui Google Form. Sampel penelitian sejumlah 22 yang terdiri dari tutor dan pengelola pendidikan kesetaraan paket C di UPT SKB Cerme Kab. Gresik. Hasil dalam penelitian diketahui bahwa pendidikan kesetaraan paket C ini menggunakan kurikulum 2013, serta dalam pelaksanaan pembelajaran daring tutor menggunakan media berbasis platform WhatsApp Group, zoom, dan Google Meet, guna membantu dan memudahkan pembelajaran, serta tutor menggunakan strategi belajar yang inovatif dalam implementasi kurikulum 2013, sehingga tidak membuat peserta didik merasa jenuh. Pelaksanaan pembelajaran daring ini terdapat faktor pendukung antara lain: modul dan perangkat lunak atau aplikasi penunjang pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat pelaksanan pembelajaran daring antara lain: kuota internet habis dan jaringan internet tidak stabil, masih belum meratanya fasilitas internet di daerah peserta didik tinggal.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran Daring, Pendidikan Kesetaraan Paket C
The covid-19 pandemic has had a profound impact on many, especially in the world of education. Governments make policies on all educational institutions with the implementation of online learning to reduce the spread of covid-19. The aim of this research is to know the implementation of online learning and to know the underlying factors and constraints of online learning on the equality education package C in UPT SKB Cerme Kab. Gresik. The method used in this study is a quantitative description with survey methods. The study uses closed installments of open statements and angkets through Google Form. Research sample a number of 22 tutors and administrators of equality education package C in UPT SKB Cerme Kab. Gresik. The results found in the study are that this c packaged equivalency education uses the 2013 curriculum, as well as in the implementation of online learning tutors use a platform Whatsapp Group, zoom, and Google Meet, to help and facilitate learning, and tutors use innovative learning strategies in the implementation of the 2013 curriculum, so that they do not make the educated feel inadequate. This practice of online learning is part of a contributing factor: modules and software or learning support applications . As to the counter factors for online learning: internet quotas run out and Internet networks are unstable, there are still no shortage of internet facilities in the region where learners live.
Keywords: Implementation, Online Learning, Equality Education Package C