STRATEGY BUILD CULTURE OF STUDENT DISCIPLINE IN THE COVID 19 PANDEMIC AT HANG TUAH 1 SURABAYA SENIOR HIGH SCHOOL
Covid 19 membuat proses belajar mengajar dilaksanakan dirumah menggunakan sistem daring. Hal ini membuat SMA Hang Tuah 1 Surabaya mengalami kesulitan dalam membangun budaya disiplinnya, karena sebelum adanya covid sekolah ini menerapkan budaya disiplin yang tinggi. oleh karena itu peneliti mengambil penelitian dengan judul “Strategi Membangun Budaya Disiplin Siswa Di Era Pandemic Covid 19 Pada SMA Hang Tuah 1 Surabaya”. Rumusan masalah menyangkut Sosialisasi, Implementasi dan Evaluasi budaya disiplin siswa diera pandemic covid. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi yang dilakukan sekolah baik dalam proses sosialisasi, implementasi dan evaluasi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sosialisasi SMA Hang Tuah 1 Surabaya adalah mengajak seluruh komponen sekolah untuk saling bekerjasama dan ikut andil dalam menghadapi perubahan pembelajaran (2) SMA Hang Tuah 1 Surabaya memiliki 2 implementasi pembelajaran yakni daring dan luring yang mana budaya disiplin tetap diperhatikan seperti absensi siswa, pengumpulan tugas, bahasa yang digunakan siswa dan kehadiran siswa saat pembelajaran serta penerapan protokol kesehatan (3) SMA Hang Tuah 1 Surabaya mengevaluasi dengan menindaklanjuti siswa yang bermasalah dengan diberi peringatan atau tugas yang sesuai, mendatangkan orang tua siswa ke sekolah juga home visit kerumah siswa.
Kata kunci: membangun disiplin siswa, pandemi covid-19
Covid 19 makes homes teaching process using an online system. It cause hang tuah 1 surabaya high school having difficulty building her discipline culture, since before the covid, this school was apply highly disciplined culture. Hence researcher are taking the study under the heading "strategy to build student discipline culture in the era of hangtuah 1 surabaya high school." The topic concerns socialization, implementation and the assessments of student discipline in the harshcovid era. Research purposes to know the strategies good schools do in the socialization, implementation and evaluation process used. The study used descriptive qualitative research. The data-collection technique used was observation, interview and documentation. Studies show that (1) hang tuah 1 surabaya socialization is to bring together the whole school components to work together and to play a part in change learning (2) hang tuah 1 surabaya has 2 implementation of learning namely online and offline, where the discipline culture remains observed as student absenteeation, task collection, The language used by students and student presence during learning and application of health protocol (3) hang tuah high school (3) surabaya evaluated by following up on student warnings or appropriate assignments, bring student parents to school and home visit.
Keyword: student discipline builds, covid-19 pandemic.