Perspektif Penggunaan Media Painting Stone Bagi Guru dan Siswa Tunanetra di SLB-A YPAB Surabaya
Siswa tunanetra dalam menempuh pendidikan harus menggunakan alat indera lain seperti pendengaran, pengecapan, perabaan, penciuman sebagai ganti dari fungsi indera penglihatan, sehingga membutuhkan pelayanan khusus untuk mengembangkan keterampilan, termasuk keterampilan motorik. Pemberian pelayanan khusus tidak lepas dari media pembelajaran. Media yang digunakan yaitu media painting stone yang diterapkan pada circuit training. Painting stone terbuat dari batu koral pipih yang kedua sisinya terdapat intruksi gerakan yang terbuat dari cat timbul. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perspektif guru dan siswa dalam penggunaan media painting stone pada mata pelajaran PJOK di SLB-A YPAB Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan kuisioner yang menggunakan uji keabsahan data triangulasi. Hasil menunjukkan bahwa menurut perspektif guru dan siswa penerapan media painting stone untuk siswa tunanetra sudah cukup baik, efektif dan sesuai karakteristik siswa tunanetra serta mampu meningkatkan keterampilan motorik siswa dalam belajar khususnya pada mata pelajaran PJOK.
Kata Kunci : Perspektif, Media Painting Stone, Tunanetra.
Students with visual impairments in education must use other sensory devices such as hearing, taste, touch, smell in exchange for the function of the sense of sight, so it requires special services to develop skills, including motor skills. The delivery of special services is inseparable from the learning media. Therefore, one of the media used is the stone painting media which is applied to the circuit training. Painting stone is made of flat coral which both sides have movement instructions made of embossed paint. The purpose of this study is to describe the perspectives of teachers and students on the use of media painting stone in sports education subjects at SLB-A YPAB Surabaya . Data collection is done by interview and questionnaire which uses the triangulation data validity test. The results show that according to the teacher and student perspective the application of painting stone media for blind students is good enough, effective and according to the characteristics of blind students and able to improve student’s motor skill in learning especially on sports education subjects.
Key word : Perspective, Media Painting Stone, Blind